jump to navigation

Mencari dan Membeli Tiket Transportasi Keliling Inggris,UK Dan Eropa 21 Januari 2016

Posted by yorigroup in Trip Travel Tour.
trackback

Mencari dan Membeli Tiket Transportasi Keliling Inggris,UK Dan Eropa

Gunakan  situs http://www.rome2rio , ini adalah situs search engine transportasi antar kota. kelebihannya dibanding Google Maps, menyediakan perbandingan harga antar moda transportasi dan mengarahkan ke situs resmi operator kereta/maskapai. Jika kamu memilih menggunakan pesawat , situs Kayak.com atau Skyscanner.com akan menjadi tools pembantu.

jika ingin naik kereta antar kota di eropa kamu juga bisa pakai search engine dari eurobytrain.com , travel agent rail-europe lokal Indonesia.

 

Desember 2015 kemarin, untuk rute London-Paris one way memilih Eurostar. Kereta cepat ini rata-rate melaju dengan kecepatan 300 KM/jam melintasi terowongan bawah laut dan waktu tempuhnya 2,5 jam. pertimbangan memilih naik kereta adalah pertama belum pernah naik kereta cepat heheh. Kedua waktu tempuh secara agregat ke lokasi tujuan yang lebih singkat dibanding naik pesawat yang harus ke pinggiran kota. Eurostar berhenti di Gare du Nord yg letaknya di pusat kota Paris. Sedangkan Alamat apartemen saya ada di Area 13, Kota Paris yang mana masih termasuk dalam pusat kota juga. Ketiga security check di station lebih longgar , tidak perlu check-in, baggage allowance melimpah dibanding pesawat low-cost.

Setelah menghubungi teman yg di Paris, Nastiti, dan menentukan tanggal janjian reuni saya ubek tuh situsnya eurostar.com/uk-en. Berangkat siang hari jam solat dhuhur. Apesnya karena pembeliannya mepet yaitu 30hari sebelum hari-H harga promo GBP 50 utk 2nd class sudah habis. Bahkan yang lucu tiket 2nd Class jadi lebih mahal dibanding 1st Class. Akhirnya beli 1st-class saja toh harganya juga sudah mahal. hahahha. Dan dapat makan minum lagi.

Untuk Paris-Delft, saya gunakan kereta dengan pertimbangan yang sama seperti Eurostar. Supaya waktu tidak habis di jalan saya pilih kereta cepat lagi,Thalys yang kemudian disambung dengan kereta intercity ke Delft.

Untuk Southampton, Oxford, Winchester, London, pilih kereta karena punya jadwal yang flexibel artinya punya jadwal keberangkatan dari pagi sampai malam. Dan kebetulan partner travel saya, Mr. AkbarS sensitif terhadap goyangan alias mabuk darat kalau naik bis. Kereta lebih tepat waktu dibanding bis.

Untuk kembali dari Delft, Belanda ke Inggris , saya kombinasikan kereta dan pesawat dengan pertimbangan sedikit gonta-ganti station hanya 2 leg , Delft-Amsterdam, Amsterdam-Southampton. Jika dari Delft ke Southampton juga bisa naik kereta, tapi setelah dipikir-pikir akan gonta ganti station dan total harganya sama mending naik kereta+pesawat saja.

Setelah paham naik kereta / maskapai apa, jam berapa , dan perkiraan harganya. Dilanjutkan dengan bagaimana cara membelinya

  1. Melalui travel agent
    untuk kereta zona eropa kamu bisa beli langsung ke situs resmi masing-masing operator. Kekurangannya jika beli dari situs resmi adalah masih dikenakan booking fee sekitar GBP 4 (setara 1x makan di UK) untuk pembayaran dengan kartu kredit. Booking fee digratiskan jika membayar dengan kartu debit keluaran bank UK. Kekurangan lainnya kalau bayar pakai Kartu kredit indonesia , pastikan akan dikenai kurs yang mahal (+%5 ) dibanding kurs BCA.
    untungnya di Surabaya ada kantor cabang Rail-Europe tepatnya di Golden City Mall. kalau di situs resmi Eurostar harganya dipatok dalam GBP sedangkan di Eurobytrain.com dipatok dalam EUR. kalau dirupiahkan harganya sama sih. Kelebihannya adalah bayar dengan rupiah sesuai kurs jual banknote BCA dan tanpa booking fee. Sekaligus kita bisa ngobrol2 bertukar pengalaman dengan sales agentnya.
  2. Booking langsung ke situs resmi operator kereta / maskapai
    untuk tiket kereta keliling inggris saya minta tolong teman untuk bookingkan langsung ke situs operator karena dia punya kartu debit Inggris. Untuk tiket Amsterdam-Southampton saya booking langsung ke situs flybee.com pakai kartu kredit Indonesia.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: