jump to navigation

Mengurus VISA Schengen Eropa dan VISA Inggris UK : Berbagi Pengalaman 23 November 2015

Posted by yorigroup in Trip Travel Tour.
trackback

Mengurus VISA Schengen Eropa dari Kedutaan Perancis dan VISA Inggris UK di Jakarta Indonesia

saya akan berbagi pengalaman, tips trik saat mengurus visa ini pada bulan September – Oktober 2015 yang lalu

mari kita mulai… :), siapkan pop-corn atau krupuk karena ini posting yang panjang.

perhatian : saat pengurusan saya dibantu oleh staff Travel Agent (selanjutnya disebut STA) alias calo alias makelar jadi tidak murni dipersiapkan 100% sendiri. Alasan waktu itu pakai bantuan STA adalah terbatasnya waktu karena kerjaan lain. Andai ada waktu luang untuk para pembaca Sangat disarankan untuk mengurus segala yang berkaitan dengan visa secara mandiri dari awal hingga visa diterbitkan kedutaan.


Alasannya adalah jika diuruskan oleh orang lain risikonya data-data pribadi anda bisa bocor ke pihak yang berniat buruk kepada Anda dan keluarga. Staff Travel Agent  hanya membantu memeriksa semua  persyaratan dokumen telah lengkap, legit (valid), memastikan Anda terlihat bonafid sekaligus mengaturkan jadwal appointment biometrik/wawancara. Karena pada akhirnya Anda sebagai calon turis tetap harus hadir di kantor kantor kedutaan untuk proses wawancara dan pengambilan data biometrik. 

 

Prologue

Kota tujuan utama saat ke benua Eropa adalah London, Southampton Inggris dan singgah ke beberapa kota di daratan Eropa yaitu Paris, Perancis; Brussel,Belgia; Delft, Amsterdam, Belanda. Saya harus apply 2 jenis visa yaitu Visa UK dan Visa Schengen untuk masuk ke Perancis, Belgia, Belanda. Itinerarynya masuk ke UK dahulu, lalu pergi ke daratan eropa (schengen) dan kembali ke UK sampai akhirnya pulang lagi ke Indonesia. Dengan kata lain Indonesia-UK-eropa-UK-Indonesia.

STA menyarankan untuk apply visa multiple entry baik UK alasannya dalam itinerary saya UK dimasuki 2x yaitu pertama saat berangkat dari Indonesia lalu kedua saat kembali dari daratan Eropa. Visa Schengen juga disarankan untuk apply jenis multiple entry agar bisa dipakai untuk kunjungan ke Eropa di masa depan selama masa berlaku Visa tanpa harus mengurus dari nol lagi (ngarep tiket promo Qatar Airways $1 PP :v ). STA juga mengharuskan saya untuk memastikan tanggal kunjungan masing-masing kota dalam itinerary karena ini berkaitan dengan reservasi tiket pesawat. Usut punya usut, ada pengalaman buruk dari teman saya yg lain bahwa dia mendapatkan masa berlaku visa terhitung mulai dari tanggal kunjungan yg diajukan saat permohonan visa bukan terhitung mulai dari bulan saat pengajuan visa. Terbayangkan betapa nyeseknya , seandainya agenda kunjunganmu maju lebih awal dibanding tanggal masa berlaku visa. Jadi dari dirimu usahakan perkecil peluang untuk ganti tanggal kunjungan.

Agenda selama di Eropa adalah kunjungan ke Kantor Cisco dan SAP cabang London dan disambi reuni dengan teman lama yang kebetulan sedang kuliah Ph.D sekaligus jalan-jalan  keliling kota. Setelah mendengar agenda dari saya, lantas STA menyarankan untuk mengajukan visa turis murni (general visitor) sebagai alone traveller alias jalan-jalan seorang diri bukan atas dasar undangan  teman yang tinggal di Eropa. Kok gitu sih ? Jika atas dasar undangan teman yg tinggal di UK peluang visa disetujui akan makin kecil, pihak kedutaan akan mencurigai saya sebagai calon turis dan teman saya akan dianggap sebagai pengundang calon gelandangan. Di sisi lain teman saya juga akan direpotkan dengan formulir invitation letter bukti keuangan yang harus  dilegalisir oleh pemerintah distrik setempat. Dan gilanya lagi semua dokumen undangan tadi harus dalam format fisik yang asli dan dikirimkan ke Indonesia dulu melalui pos internasional seperti DHL. Tidak boleh berformat pdf atau email. Dari situ saya sdh terbayang betapa banyak waktu, uang, tenaga teman saya yang akan terbuang.
TIPS : jika kamu punya agenda ingin bertemu teman baik WNI atau warga negara asing alias bule negara setempat sebaiknya mengaku sebagai turis murni saja tidak usah cerita bahwa punya kenalan, teman si A, si B, si E, dll

Selain general visitor visa kamu juga bisa mengajukan Business Visitor Visa dengan syarat surat undangan perusahaan sponsor dari negara yg akan dikunjungi atau undangan panitia konferensi internasional, undangan lembaga training, dll. STA biasanya akan menolak untuk membantu menguruskan Business Visitor Visa dan lebih mengarahkan calon turis untuk apply sebagai turis murni walaupun agenda sesungguhnya adalah urusan bisnis (konferensi, training, meeting dengan mitra bisnis,dll).
TIPS :  Jika dalam pengurusan visa kamu dibantu oleh STA pastikan kamu sudah kompak dan memahami informasi apa saja yg diisikan oleh si STA dalam formulir permohonan visa. Jangan sampai saat wawancara kamu mengaku memiliki agenda bisnis sedangkan STA yang membantu memberikan keterangan bahwa dirimu adalah profil seorang turis. Pihak kedutaan atau imigrasi  langsung tidak mengijinkanmu melanjutkan perjalanan dan mencurigaimu karena data yg berbeda antara di system dan pengakuan yang keluar dari mulut.

Asal tahu saja, saat pengajuan visa paspor saya tergolong paspor baru ,perawan dan bersih. Perawan dan Bersih maksudnya Catatan perjalanan ke luar negeri hanya di Asean itupun hanya 1-2 cap saja dari Malaysia dan Singapura. “Eh sombong sekali nih calon turis jarang keluar negeri, sekali ke Luar Negeri tujuannya langsung yang jauh, Eropa Men….. Gila gak tuh. Jangan-jangan orang ini mau jadi gembel di negara ane”, mungkin itulah kira-kira pikiran petugas konsular di Kedutaan. Oleh karena itu sebagai calon turis yang bakal sendirian tanpa ikut grup tour saya harus menunjukkan sebagai pribadi yang se-bonafide mungkin jangan sampai orang konsular mencurigai sebagai calon gelandangan dan imigran gelap. Jangan sampai permohonan visamu di-reject, ya memang sih walaupun di-reject kita masih bisa makan nasi pecel dan hidup normal, tetapi bukti reject akan ditempel di paspor dan akan sulit sekali menghilangkan predikat sebagai calon imigran gelap. Inilah susahnya jadi pemegang paspor WNI. fyuhhhhh. Status saya yang masih “perawan” mengharuskan saya harus mendapatkan visa schengen terlebih dahulu supaya nantinya kedutaan UK melihat saya sebagai orang yang terpercaya karena pernah punya riwayat travelling ke negara maju salah satunya Schengen area. Itu juga disarankan oleh STA supaya visa UK sebagai ultimate-goal juga tembus.

Kapan bikin visa ?

visa paling cepat diajukan 90hari  sebelum tanggal keberangkatan sedangkan paling lambat 2minggu (rumornya). Karena berangkat ke eropa bulan Desember 2015 berarti bulan September 2015 adalah waktu tepat. Makin cepat visa didapat makin baik dan waktu tersisa bisa dipakai untuk riset googling persiapan yang lain.

Di kedutaan mana harus bikin visa ?

untuk negara tujuan UK, Perancis, Belgia, Belanda maka diperlukan visa UK dan Visa Schengen. Masalahnya antara Perancis, Belgia, Belanda mana yang harus dipilih ? Akhirnya STA memilihkan untuk mengurus melalui Kedutaan Perancis di Jakarta karena mudah untuk mendapat jadwal appointment. Sebenarnya saat itu Kedutaan Belanda juga bisa dipilih karena memiliki kelebihan waktu proses penerbitan visa yang hanya 1-2 hari kerja , persyaratan yang lebih longgar, terlebih lagi Belanda punya kantor konsuler di kota Surabaya merupakan kemudahaan bagi saya saat itu yang tinggal di Sby, karena bisa menghemat biaya dan waktu tanpa harus ke Jakarta. Kedutaan Belanda Jakarta tidak dipilih karena karena jadwal appointment yang ramai, konsuler Belanda cabang Surabaya juga tidak dipilih karena berkas akan dibawa ke Malaysia dahulu. Kedutaan Belgia tidak dipilih karena dalam itinerary hanya dikunjungi 1 malam saja alasan lainnya karena si STA tidak punya pengalaman mengurus visa schengen di Kedutaaan Belgia. Perlu diketahui mengurus visa schengen melalui Perancis kita akan berhadapan dengan perusahaan outsourcing yang bernama TLScontact yang nantinya akan meneruskan berkas ke kedutaan Perancis yang berada di Jakarta.

Untuk Visa UK kita akan berhadapan dengan agent yang bernama VFS.co.uk, agent inilah yang akan meneruskan dokumen ke Kedutaan Inggris di Manila, Filipina. Kita bisa memilih VFS kantor Jakarta, Bali, Surabaya (baru buka Januari 2016 : sumber http://www.vfsglobal.co.uk/indonesia/applicationcentre.html). Khusus Jika mengurus di VFS cabang Bali, Surabaya ada tambahan biaya £52 ( 1juta IDR) diluar biaya visanya sendiri sedangkan di Jakarta tanpa biaya tambahan . Saat itu saya memilih VFS Jakarta biar sekalian mengirimkan titipan ortu buat om yang di Jakarta. VFS Bali jelas tidak dipilih karena dikenakan biaya £52 (Mahal Brooo …. !!! ) , mending uangnya dipakai untuk beli tiket Citilink SUB-HLP PP. Seandainya ketika Oktober 2015 lalu VFS cabang Sby sudah dibuka saya akan memilih di Sby saja karena toh walaupun ada biaya tambahan £52 uang tersebut juga setara harga tiket pesawat surabaya-jakarta PP.

Persyaratan + Dokumen  Visa Schengen Perancis

info lengkap dan termutakhir kamu bisa cek di link ini https://www.tlscontact.com/id2fr

Saat pengajuan lampirkan semua dokumen pendukung supaya terlihat bonafide di mata petugas konsular karena mereka hanya membaca dari dokumen saja tidak ada wawancara sama sekali.

ketika itu STA meminta saya mengumpulkan dokumen sbb

  1. Paspor dengan masa berlaku lebih dari 8 bulan pada saat tanggal apply visa
    jika masa berlaku paspormu  kurang dari 8 bulan lebih baik perpanjang ke Kantor Imigrasi terdekat. Dan jika memungkinkan sekalian ajukan paspor elektronik (e-paspor). E-paspor akan menjadi investasi jika besok-besok akan apply visa waiver dari negara tertentu.
  2. Paspor lama (jika ada)
    Meskipun cap imigrasi di paspor lamamu hanya 1-2 kamu tetap harus melampirkan. Apalagi jika di paspor lamamu sudah tertempel berbagai cap imigrasi dan stiker visa.
  3. Foto berwarna terbaru 3.5 x 4.5 cm. Di ambil dalam 1 bulan terakhir. Background putih, fokus 70% wajah, tanpa kacamata.
    saran saya carilah studio foto yang besar dan tanyakan ke kasir apakah mereka berpengalaman dalam memproduksi foto visa. Untuk kamu yg di surabaya bisa mencoba ke Muara Foto di Jl.Raya Gubeng
  4. Travel Insurance. Nilai pertanggunan USD 50.000
    Saya menggunakan asuransi Assist Card paket AC250 Daily untuk 8 hari yg dibantu issued oleh STA. sesuaikan paket polis asuransi dengan durasi kunjunganmu selama di Schengen Area. Sebenarnya dalam Itinerary sementara durasi selama di Schengen Area adalah 7 hari sengaja dilebihkan 1 hari sebagai antisipasi jika pesawat pulang ke Indonesia mengalami delay yang sangat parah.
  5. Surat Sponsor dalam bahasa Inggris
    adalah surat yang menjelaskan siapa yang menanggung biaya perjalanan selama kunjungan di Eropa. Karena pergi seorang diri kemudian saya meminta contoh format dari STA. Saya minta atasan saya untuk memberikan surat sponsor dengan menerangkan bahwa saya sendiri yang akan membiayai dari rekening bank pribadi.
  6. SIUP / TDP
    apabila kamu pengusaha/owner maka perlu melampirkan dokumen ini. Tapi saya tidak menyarankan mengaku sebagai owner walaupun sesungguhnya memilik usaha real akibatnya akan lebih ribet. dokumen ini saya skip
  7. Surat keterangan kerja dari kantor (dalam bahasa Inggris)
    saya sangat menyarankan untuk mengaku sebagai karyawan karena itu menunjukkan ikatan yang kuat dengan Indonesia dan kita tidak dianggap sebagai pencari kerja illegal. Dalam surat keterangan kerja harus mencantumkan nama, no. paspor, posisi pekerjaan, durasi masa kerja / tanggal mulai menjadi karyawan, sedang cuti baik digaji ataupun tidak, tujuan ke eropa / schengen dalam rangka holiday purpose dan yang terpenting harus menerangkan diri kita akan pulang ke indonesia setelah liburan selesai dan tidak akan mencari pekerjaan atau tinggal secara permanen.
  8. Bukti Keuangan Pribadi selama 3 bulan terakhir
    Bisa berupa Copy buku tabungan atau rekening koran dengan cap/stempel bank. Sebenarnya tidak ada nominal pasti tentang angka minimal. STA menyarankan minimal IDR 50juta per pax, tetapi karena saya masih “perawan” saya harus melampirkan buku rekening bank lain atas pribadi saya yang lain. Saya melampirkan copy buku tabungan dari BCA sebagai rekening payroll gaji bulanan dan Niaga sebagai rekening tabungan pribadi. Tiga bulan sebelumnya saya sudah persiapkan secara matang dengan pinjam ortu untuk “menitipkan” uangnya di tabungan Niaga saya selama 3 bulan s.d visa terbit. Supaya terkesan uang itu adalah milik saya , tetap harus ada transaksi Debit dan Kredit (keluar – masuk) dan tidak boleh tiba-tiba ada uang besar masuk dan tiba-tiba ada uang besar yang keluar. Total dana yang dipakai untuk bukti keuangan pribadi adalah 150juta IDR (10.000 USD) dimana 100juta IDR adalah pinjaman dari ortu yang sudah masukkan ke rekening Bank Niaga atas nama saya 3 bulan sebelum tanggal pengajuan visa Schengen/UK. Perlu diingat bagi kamu yg belum punya riwayat ke LN bisa mengikuti jejak saya. ehehehe
  9. Surat referensi Bank dalam bahasa Inggris
    pada poin sebelumnya saya melampirkan copy buku tabungan dari Niaga dan BCA maka saya harus memiliki surat referensi dari kedua bank tersebut. Surat harus menerangkan tanggal mulai menjadi nasabah, no.rekening beserta saldo terakhir yang dimiliki. Rekening  bisa dalam IDR atau USD. Karena ini dibuat untuk pengurusan visa Schengen maka surat harus ditujukan untuk Embassy of Schengen Countries. Tarif per lembar 50rb IDR dan mungkin bervariasi untuk bank lainnya
  10. Akta Lahir, copy
  11. Akta Nikah, copy
    karena saya belum menikah jadi ini di-skip :p
  12. Kartu Keluarga,copy
  13. KTP, copy
    KTP ini diminta oleh STA untuk pelengkap surat kuasa pengambilan paspor yg sdh ditempeli visa
  14. Kartu Pelajar, copy
    jika kamu adalah pelajar dan biaya perjalananmu ditanggung oleh pihak lain misalnya orang tua, kakak, dll. Bagaimana jika kamu adalah mahasiswa S2/S3 dan kebetulan di sisi lain sudah bekerja full-time. Saran saya jangan mengaku sebagai pelajar apalagi kalau usiamu sudah masuk usia produktif (>25tahun).
  15. Surat keterangan sekolah atau kampus
    sama seperti point 7 Surat keterangan kerja dari kantor, bedanya kamu harus minta ke TU kampusmu. Supaya makin kuat kamu bisa tuliskan juga bahwa kamu masih kewajiban menyelesaikan skripsi, SKS, dll.
  16. Reservasi Tiket Indonesia-Eropa PP dengan status confirmed
    untuk hal ini kamu tidak harus issued tiket atau membayar full di depan. Istilah lain reservasi tiket adalah dummy booking. Untuk hal ini kebetulan saat ini dibantu oleh STA. kamu bisa juga minta tolong (dengan membayar admin fee) ke travel agent offline terpercaya untuk dibuatkan reservasi mintalah tempo pembayaran yang panjang agar konsuler dapat mengecek status reservasimu masih “confirmed”.
    Saya menggunakan maskapai Qatar Airways  yang terkenal bonafide (5stars skytrax) walaupun hanya kelas economy. Rute saat reservasi adalah CGK-CDG, AMS-CGK. Jika tujuanmu ke Eropa kamu bisa juga mempertimbangkan reservasi maskapai KLM,AirFrance atau Lufthansa.
  17. Reservasi tiket transportasi antar kota dalam wilayah Schengen
    Saya menggunakan transportasi pesawat karena tidak perlu issued tiket (membayar penuh dimuka). Pertimbangan lain kenapa tidak menggunakan kereta api atau bis adalah kita harus bayar full di depan dan sulit sekali untuk refund atau reschedule. mengingat baru berangkat 3 bulan lagi dan itinerary di eropa juga masih mungkin ada perubahan.
  18. Booking Hotel dengan guaranteed booking by credit card
    Hotel yang dipilih adalah minimal kelas bintang 3 dengan lokasi premium (pusat kota/pusat atraksi wisata) bukan kelas hostel atau hotel ecek2 yang gak terkenal. Hal ini bertujuan supaya saya terkesan bonafide. Ingat saya adalah “perawan” paspornya masih bersih. Jangan sampai konsular mengira saya akan menjadi gelandangan kalau booking penginapan kelas hostel.
    Karena saya mengajukan visa di kedutaan perancis maka saya harus bisa menunjukkan bahwa Perancis adalah negara yang paling lama ditinggali dengan menunjukkan booking 4 malam dari total 7 malam selama kunjungan di Schengen Area.
    TIPS : jika tujuanmu adalah banyak kota di perancis tetap booking di hotel di satu kota saja misal Paris untuk memudahkan.
    Saya tidak menggunakan website booking seperti Booking.com/Agoda.com karena bisa dianggap kurang bonafid. Lantas, saya langsung booking dari situs resmi dari masing-masing hotel untuk melakukan booking dengan metode pembayaran kartu kredit.
    Untuk Paris  , Mercure Paris Velizy Hotel (4star hotel, Accor Group) selama 4 malam
    Belgia, Ramada Brussels Woluwe (3star hotel) selama 1 malam
    Belanda, Park Plaza Amsterdam Airport (4star hotel) selama 2 malam
    Bagaimana jika tidak punya kartu kredit ? kamu bisa pinjam milik teman,ortu, saudara, dan saat check-out click menu “the credit card owner not include in the group or not the traveller”. Pilihlah tarif Flexible rate dimana kamu akan mudah untuk cancel atau mengubah tanggal check in check out. Sampai saat ini kartu kredit tidak akan dipungut biaya apapun oleh pihak hotel, kamu akan bayar penuh biaya menginap saat kamu hadir hari H. Setelah nantinya visa didapatkan kamu boleh cancel semua booking dan kamu tidak akan dikenai biaya sepeserpun. Namun perlu diingat tiap hotel memiliki aturan berbeda tentang cancelation. jadi jangan sampai lupa untuk cancel, jika terlalu mepet (<24jam) kita akan dikenai cancelation fee yang mahal. Beberapa hotel menerapkan booking fee berkisar 1-5 USD per booking.
    PENTING : HATI-HATI jika STA mengharuskan pelanggan untuk membayar deposit hotel sebagai persyaratan visa. Anda akan menjadi korban penipuan. Sesungguhnya Andai anda sudah booking, lupa cancel, dan tidak check-in saat hari H (No-Show) kartu kredit milik kantor travel agent yang digunakan saat booking tetap akan dikenakan denda seharga tarif menginap 1 malam.
  19. Itinerary (rencana perjalanan)
    Kedutaan Perancis dan negara schengen lainnya mengharuskan itinerary dibuat dengan jelas karena anda datang sebagai turis bukan sebagai calon gelandangan. Dokumen itinerary tidak ada format khusus yang penting menerangkan aktivitas anda, lokasi atraksi/wisata, kota di tiap tanggal mulai tanggal awal kunjungan sampai tanggal pulang. Kalau pembaca masih ingat di Prologue tujuan saya yg utama adalah UK ,tapi saat pengurusan visa schengen dalam itinerary Saya hanya mencantumkan kota-kota di negara schengen saja yaitu Jakarta-Paris-Brussel- Amstersdam-Jakarta. Jika saya mencantumkan negara inggris ke dalam Itinerary itu akan membuat konsular curiga, “ini orang mana visa UK nya yach ? gak pernah ke luar negeri gak punya visa schengen lah kok pengen ke UK juga ?”.

 

Datang ke Agen TLScontact

 

Setelah dokumen lengkap saat mendaftar akun baru ke website TLS contact di sini. Pilih jenis visa yang sesuai yaitu turis pribadi. TLScontact akan memberikan daftar dokumen yang harus dibawa memberikan pilihan slot waktu untuk pengambilan biometrik di Jakarta. Datang tepat waktu sesuai email yang diberikan. Datang lebih awal 2 jam lebih baik mengingat jakarta macet dan cuacanya tidak bisa diprediksi.

Hari H datang ke kantor TLS contact yang beralamatkan di :
TLScontact center
Menara Anugrah 3rd floor
Lingkar Mega Kuningan
Jakarta (beside the Embassy of Thailand)
Saya datang lebih awal 2 jam untuk bertemu dengan STA alias calo yang membatu pengurusan visa untuk memastikan sekali lagi semua dokumen telah lengkap. Dan 30 menit sebelum jadwal sudah diperbolehkan mengantri di dalam. kebetulan september 2015 adalah bulan yang sepi banyak loket petugas yang kosong dan pelamar visa bisa dihitung dengan jari. Saya tinggal duduk manis menunggu panggilan untuk foto dan sidik jari. Pembayaran di kasir,  dokumen, dan urusan tetek bengek sisanya diurus oleh STA. Foto dan sidik jari sudah diambil dan kita diberi surat tanda terima bahwa biometrik telah disimpan di database Perancis selama 5 thn kedepan. Artinya selama 5 tahun ke depan jika ingin apply visa schengen kita cukup melengkapi dokumen saja tanpa perlu ambil biometrik lagi. Semua dokumen termasuk paspor asli ditahan oleh Kedutaan untuk ditempeli stiker visa.

Tanggal 12Sept2015 : atur appointment, 16Sept2015 : pengambilan data biometrik, 23Sept2015 : dapat notifikasi di email paspor sudah bisa diambil, tanggal 29Sept2015 : paspor dan dokumen lainnya tiba di alamat saya. Karena saya posisi bukan di Jakarta untuk pengambilan dokumen asli diwakilkan oleh STA dengan menunjukkan surat kuasa bermaterai dengan copy KTP dari pemohon visa dan STA.

Total waktu yang dibutuhkan adalah 3 bulan untuk persiapan mutasi rekening tabungan dengan pinjam ortu :p. Dan 7 hari untuk penerbitan visa dihitung dari tanggal janji biometrik.

inilah VISA Schengen Saya.

VISA Schengen France 2015 crop censcored

Tadaaa…. Visa Schengen dari Kedutaan perancis

 

 

biaya yang dikeluarkan

Visa Schengen dari Kedutaan Perancis (termasuk jasa pengurusan) : IDR 1.750.000
[ NB :Tarif Sesungguhnya Visa Schengen General Visitor Multiple Entry 6 bulan : EUR 60 , dan Admin Fee TLScontact : EUR 30)
Tiket Citilink SUB-HLP : IDR 540.969
Tiket Citilink HLP-SUB: IDR 536.013
Asuransi Asist Card AC 250 Daily 8 hari selama di  Eropa : USD 38 (IDR 545,300)
Surat Referensi Bank Niaga Embassy of UK + Embassy of Schengen Countries : IDR 100.000
Surat Referensi Bank BCA Embassy of UK + Embassy of Schengen Countries : IDR 100.000

NB : Kurs per 10 September 2015 :  16.500 IDR/EUR,  14.350 IDR/USD

Visa Issued Terus Ngapain Bro ??

Sekarang saatnya cancel semua booking hotel dan pesawat. Untuk booking hotel kita harus login ke situs resmi masing-masing hotel dengan memasukkan Nomor booking dan digit terakhir kartu kredit. kartu kredit tidak di-charged apapun kecuali booking fee yang nominalnya kecil.

Saat ini sebenarnya kita sudah bebas kemanapun misal masuk pertama kali ke negara lain bukan Perancis , stay terlama bukan di Perancis dll. Tanggal keberangkatan dan kepulangan berbeda dengan itinerary yg diajukan saat permohonan visa diperbolehkan selama masih dalam masa berlaku visa. Bahkan kita tidak jadi berangkat ke Eropapun tidak masalah.

 

PART II

Pengurusan visa inggris masih dibantu oleh STA yang sama dan akan mengulangi proses seperti visa schengen dengan sedikit perbedaan.

Dokumen Persyaratan Visa Inggris

yang dipersiapkan antara lain

  1. Paspor dengan masa berlaku lebih dari 8 bulan pada saat tanggal apply visa.
    paspor saya sekarang sudah memiliki sejarah visa schengen dan saya sekarang memiliki citra sebagai orang bonafide. Dari pengalaman STA, untuk orang yg “perawan” akan disarankan untuk apply visa negara maju lainnya dahulu sebelum mengajukan visa UK. Tapi jika di paspormu sudah tertempel visa USA peluangmu mendapatkan visa UK juga makin besar.
  2. Paspor lama (jika ada)
    saya lampirkan paspor lama meskipun isinya cuma stempel negara ASEAN.
  3. Foto berwarna terbaru 3.5 x 4.5 cm. Di ambil dalam 1 bulan terakhir. Background putih, fokus 70% wajah, tanpa kacamata.
  4. Travel Insurance. (optional) Nilai pertanggunan USD 50.000
    sebenarnya asuransi tidak diwajibkan oleh Kedutaan UK tapi STA mengharuskan Saya membeli asuransi agar terlihat sebagai orang berduit dan penuh persiapan. Apalagi tanggal kunjungan saya adalah bulan Desember yang sudah memasuki musim dingin. Orang tropis yang belum pernah ke negara 4 musim seperti saya pasti akan mudah sakit, sedangkan saya adalah alone traveller.  Siapa yang akan menjamin kesehatan dan keamanan selama di UK dan Schengen Area kalau bukan asuransi.
    Saya membeli polis asuransi baru seharga $60 dari Assist Card paket AC250 Daily untuk 16 hari  (10-25Des2015) yg dibantu issued oleh STA.
  5. Surat Sponsor dalam bahasa Inggris
    Sekarang tujuan negara tujuan saya adalah UK, France, Belgium, Nettherland otomatis ada revisi di surat sponsor dimana sekarang surat harus menjelaskan siapa yang menanggung biaya perjalanan selama kunjungan di Eropa dan UK. Karena pergi seorang diri kemudian saya meminta contoh format dari STA. Saya minta atasan saya untuk memberikan surat sponsor dengan menerangkan bahwa saya sendiri yang akan membiayai dari rekening bank pribadi.
  6. SIUP / TDP
    apabila kamu pengusaha/owner maka perlu melampirkan dokumen ini. Tapi saya tidak menyarankan mengaku sebagai owner walaupun sesungguhnya memilik usaha real akibatnya akan lebih ribet. dokumen ini saya skip
  7. Surat keterangan kerja dari kantor (dalam bahasa Inggris)
    saya sangat menyarankan untuk mengaku sebagai karyawan karena itu menunjukkan ikatan yang kuat dengan Indonesia dan kita tidak dianggap sebagai pencari kerja illegal. Dalam surat keterangan kerja harus mencantumkan nama, no. paspor, posisi pekerjaan, durasi masa kerja / tanggal mulai menjadi karyawan, sedang cuti baik digaji ataupun tidak, tujuan ke eropa / schengen dalam rangka holiday purpose dan yang terpenting harus menerangkan diri kita akan pulang ke indonesia setelah liburan selesai dan tidak akan mencari pekerjaan atau tinggal secara permanen.
  8. Bukti Keuangan Pribadi selama 3 bulan terakhir
    Bisa berupa Copy buku tabungan atau rekening koran dengan cap/stempel bank. Sebenarnya tidak ada nominal pasti tentang angka minimal. STA menyarankan minimal IDR 50juta per pax, tetapi karena saya masih “perawan” saya harus melampirkan buku rekening bank lain atas pribadi saya yang lain. Saya melampirkan copy buku tabungan dari BCA sebagai rekening payroll gaji bulanan dan Niaga sebagai rekening tabungan pribadi. Tiga bulan sebelumnya saya sudah persiapkan secara matang dengan pinjam ortu untuk “menitipkan” uangnya di tabungan Niaga saya selama 3 bulan s.d visa terbit. Supaya terkesan uang itu adalah milik saya , tetap harus ada transaksi Debit dan Kredit (keluar – masuk) dan tidak boleh tiba-tiba ada uang besar masuk dan tiba-tiba ada uang besar yang keluar.
  9. Surat referensi Bank dalam bahasa Inggris
    saat mengurus visa schengen surat referensi ditujukan ke kedutaan schengen maka surat tersebut sudah tidak berlaku laku dan harus meminta bank untuk membuatkan yang baru. Surat ditujukan untuk Embassy of United Kingdom. Saya mendatangi kantor bank yang besar seperti BCA KCU Galaxy Surabaya dan Niaga Cabang Dharmahusada dengan tujuan agar surat referensi cepat diproses. Karena jika mengurus ke kantor cabang pembantu atau kantor kas biasanya mereka butuh waktu 2-3 hari kerja lebih lama karena permintaan akan diteruskan ke kantor cabang utama dahulu.
    Pastikan surat referensi berstempel bank.
  10. Akta Lahir, copy (versi Indonesia + English)
    untuk visa schengen yang lalu dokumen akta lahir tidak perlu diterjemahkan ke bahasa Inggris . Sedangkan visa UK mewajibkan semua dokumen resmi negara harus berbahasa Inggris. Jika Anda hanya memiliki versi bahasa Indonesia anda harus menggunakan jasa penerjemah tersumpah. Daftar penerjemah tersumpah (sworn translator) yang diakui oleh Kedutaan Inggris dapat disimak di sini 
    Dari daftar tersebut Saya menggunakan jasa penerjemah dari Nirwono Maroeto yg berlokasi di Jl. Biliton Surabaya. Tarifnya 50rb / lembar diproses 2 hari kerja atau 80rb/lembar untuk proses express (1 hari kerja pagi diserahkan, sore diambil). Untungnya saya langsung datang ke kantor penerjemah kalau pakai jasa STA tarifnya 3x lipat menjadi 150rb / lembar
  11. Akta Nikah, copy (versi Indonesia + English)
    karena saya belum menikah jadi ini di-skip :p
  12. Kartu Keluarga,copy (versi Indonesia + English)
  13. KTP, copy
    KTP ini diminta oleh STA untuk pelengkap surat kuasa pengambilan paspor yg sdh ditempeli visa
  14. Kartu Pelajar, copy
    jika kamu adalah pelajar dan biaya perjalananmu ditanggung oleh pihak lain misalnya orang tua, kakak, dll. Bagaimana jika kamu adalah mahasiswa S2/S3 dan kebetulan di sisi lain sudah bekerja full-time. Saran saya jangan mengaku sebagai pelajar apalagi kalau usiamu sudah masuk usia produktif (>25tahun).
  15. Surat keterangan sekolah atau kampus (dalam bahasa Inggris)
    sama seperti point 7 Surat keterangan kerja dari kantor, bedanya kamu harus minta ke TU kampusmu. Supaya makin kuat kamu bisa tuliskan juga bahwa kamu masih kewajiban menyelesaikan skripsi, SKS, dll.
  16. Reservasi Tiket Indonesia-UK PP dengan status confirmed
    untuk hal ini kamu tidak harus issued tiket atau membayar full di depan. Untuk hal ini kebetulan saat ini dibantu oleh STA yang sudah termasuk biaya jasa pengurusan visa.
    Saya menggunakan maskapai British Airways (BA)  yang harga tiketnya terkenal mahal walaupun hanya kelas economy. Rute saat reservasi adalah CGK-HKG-Heathrow. Hal ini bertujuan memberikan kesan saya orang BerDUIT. Ingat saya masih “perawan”
  17. Reservasi tiket transportasi antar negara
    Saya menggunakan transportasi pesawat karena tidak perlu issued tiket (membayar penuh dimuka). Untuk pergi antar negara saya melakukan reservervasi maskapai British Airways rute Heathrow (LHR) -Charles De Gaule (CDG), CDG-AMS, AMS-LHR.
  18. Booking Hotel dengan guaranteed booking by credit card
    Karena sebelumnya saya sudah booking hotel untuk Eropa dan sudah dibatalkan saya mengulangi bookingnya dengan nomor booking baru ditambah hotel selama di London yaitu
    Hampton by Hilton London Waterloo (3star hotel) : 3 malam
    Untuk Paris  , Mercure Paris Velizy Hotel (4star hotel, Accor Group) selama 4 malam
    Belgia, Ramada Brussels Woluwe (3star hotel) selama 1 malam
    Belanda, Park Plaza Amsterdam Airport (4star hotel) selama 2 malam
    dan karena dari Belanda saya kembali ke London maka saya booking lagi
    Hampton by Hilton London Waterloo (3star hotel) : 4 malam
    PENTING : HATI-HATI jika STA mengharuskan pelanggan untuk membayar deposit hotel sebagai persyaratan visa. Anda akan menjadi korban penipuan. Sesungguhnya Andai anda sudah booking, lupa cancel, dan tidak check-in saat hari H (No-Show) kartu kredit milik kantor travel agent yang digunakan saat booking tetap akan dikenakan denda seharga tarif menginap 1 malam.
  19. Itinerary (rencana perjalanan)
    Kali ini saya mencantumkan lengkap itinerary semua negara yaitu -Indonesia-UK-France-Belgium-Netherland-UK-Indonesia. Khusus untuk UK sebenarnya saya berenca pergi ke Southampton dan Oxford tetapi STA membuatkan itinerary hanya berdiam 1 kota saja yaitu London selama di UK. Tujuannya adalah menghindari menunjukkan booking tiket transportasi antar kota. Kalau rute antar kota besar seperti London-Paris kita bisa reservasi tiket pesawat dengan fitur free cancelation. Lah kalau rute London-Oxford transportasinya hanya berupa kereta atau bis yang tdk memiliki fitur free cancelation.
    Kata STA , “Yang terpenting sekarang adalah mendapatkan Visa UK, itinerary seperti ke kota anu, kota inu bisa Anda atur sendiri.”

Datang ke Agen VFS

sebelumnya kamu harus mengisi form secara online dulu di sini http://www.visa4uk.fco.gov.uk/
register akun dan ikuti petunjuk di layar. Tata cara mendetail perihal pengisian formulir online kamu bisa simak di artikel blogger lain di sini  atau di situ.

Di artikel ini dibahas apply visa dengan kecepatan regular kalau kamu ingin diproses cepet dalam 3 hari kerja (sejenis JNE YES kalau di dunia expedisi) kamu bisa tambah biaya $136 diluar pengajuan biaya visa. Tapi ingat priority visa tidak menjamin kamu dapat visa. Hanya mempercepat antrian saja.
Jika di TLScontact kita bayar belakangan maka di VFS ini kita bayar di depan secara online menggunakan Kartu kredit. jika tidak punya, kamu bisa pinjam kartu kredit teman atau ortu.

Alamat VFS Global Jakarta adalah di Kuningan City Mall lt.3 , TIPS : kalau ke VFS sebaiknya berdua karena kamu bisa minta tolong temanmu untuk menjaga barang2 bawaanmu sebenarnya kamu juga bisa menyewa locker yg tersedia.

Tanggal 1Oktober2015 saya atur appointment secara online si situs VFS.co.uk.

Ketika datang di VFS Kuningan City Rabu, 7Oktober2015 , saya perhatikan relatif sepi dan dilayani dengan ramah , prosesnya cuma 30 menit untuk foto, wawancara singkat, sidik jari. Minta fasilitas tambahan notification by sms saat di kasir, ini untuk mengurangi rasa deg-degan.

Tanggal 19Oktober2015 (+- 12hari kalender) saya mendapatkan notifikasi bahwa dokumen sudah menuju indonesia tanpa keterangan visa sudah tertempel atau belum.

Tanggal 20Oktober2015 : STA mengabari saya bahwa visa UK disetujui. Wah akhirnya. Berangkat brooo ke Inggris.

Tanggal 22Oktober2015 : paspor tiba dengan selamat di rumah.

visa UK 2015 cropped - Censored

Akhirnya ribet berlalu juga. Visa UK Multiple Entry Sudah ditangan

biaya yang dikeluarkan

Visa Inggris UK (termasuk jasa pengurusan) : IDR 2.425.000
[NB : Tarif Sesungguhnya Visa UK General Visitor Multiple Entry 6bulan : USD 136 ]
Jasa Sworn Translator Akta Lahir+KK : IDR 120.000
Tiket Citilink SUB-HLP by Traveloka : IDR 653.138
Tiket Citilink HLP-SUB by Tiket.com (mumpung promo dr travel agentnnya sendiri) : IDR 463.700
Asuransi Asist Card UK + Pelunasan untuk Whole Trip 16hari : USD 38  (IDR 575,055)

Visa Issued Terus Ngapain Bro ??

semua booking hotel, pesawat dicancel dan saatnya merencakan perjalanan yang sesungguhnya. Saya memiliki 45hari (1,5 bulan ) sebelum tanggal kebrangkatan yang bisa dipakai untuk membeli oleh-oleh, mengambil titipan teman, beli tiket kereta antar kota (Eurostar, Thalys,etc), booking hostel, tukar valuta asing, beli jaket musim dingin, dll.

Penutup

Gimana ? Ribet gak ?

Ya tentu ribet , tapi selama kamu sudah praktek dan memulai mengumpulkan dokumen semuanya akan terbayar setelah stiker visa tertempel cantik di Paspor.  Menurut saya pengurusan visa ini berbobot 50% dari total kegiatan liburan. setelah visa dimiliki agenda berikutnya jadi lebih ringan. Tapi tidak harus dimulai dari visa, blogger lain ada yang beli tiket pesawat dulu selagi promo dan visa diurus belakangan tapi itu terserah pembaca.
TIPS : karena pengurusan visa ini termasuk pengeluaran mahal pastikan kamu menyelidiki nama lengkap STA yang membantumu dalam pengurusan visa, pastikan dia tidak memiliki catatan kriminal oleh Malaikat Google.com. Karena jika kamu memakai jasa calo/makelar data pribadi yang sensitif juga diketahui oleh STA.

Pilih makelar/calo dari biro perjalanan terpercaya, sudah berpengalaman dan atas rekomendasi teman. FYI, Margin keuntungan untuk STA lebih kurang IDR 500rb dari total 4.1 juta atau sekitar 12% untuk dua jenis visa (UK+Schengen), menurut saya pengeluaran itu sangat worthed mengingat saya masih newbie dalam hal visa, berpaspor “perawan”.Ya itung-itung biaya konsultasi bayar pengalaman si STA. Menurut saya lebih baik keluar uang lebih dibanding risiko visa reject , bisa jelek travel history ane gan !

Tetapi, sejujurnya sebaiknya pengurusan visa oleh calo sebaiknya dihindari pertama melatih kemandirian, menghemat uang dan mencegah si makelar sendiri menjadi ngiler untuk membocorkan data-data pribadi ke penjahat.

Setelah visa didapat lengkap apakah kita bisa leha-leha ? oh tidak. masih ada tahap selanjutnya yaitu mempersiapkan tiket, penginapan, itinerary, janji reuni dan menjawab pertanyaan petugas imigrasi saat di bandara. Visa adalah semacam surat ijin untuk terbang dari bandara asal menuju negara tujuan. Boleh tidaknya seseorang memasuki negara tujuan tergantung petugas imigrasi di perbatasan.

Semoga pengalaman saya ini bisa mencerahkan para pembaca netizen. Jika ada pertanyaan tolong tulis komentar di bawah ya. Dengan senang hati akan dijawab secepat mungkin

File yang mungkin berguna

TBA

Rekomendasi Artikel Pengalaman Blogger Lain

TBA

NB : *STA = staff travel agent bagian pengurusan dokumen visa

 

Update September 2016
jika daftar sworn translator di atas not found kamu bisa download di link bawah  {terima kasih untuk Ferryvic yang mengingatkan link sebelumnya not found}

annex_g_local_services_lists_-template_for_translators_interpreters_updated_march_2016

Iklan

Komentar»

1. Leonardo - 2 Maret 2016

Wawancaranya pke bhasa inggris apa bahasa kita bro ??hehehe

yorigroup - 3 Maret 2016

@leonardo : wawancara bahasa indonesia kok , petugasnya juga orang lokal karena agent (TLScontact/VFS)

Leonardo - 7 Maret 2016

Rekom dong STA nya bro

2. Leonardo hartanto - 5 Maret 2016

Oh gtu ya bro ,STA yg bro pke siapa ?bisa rekom kesaya ga ,makasi ya infonya

yorigroup - 9 Maret 2016

@Leonardo : STAnya bisa ke DwiDaya Tour gan

3. Leonardo hertanto - 7 Maret 2016

Trima kasih atas infonya bro
Bisa mnta contact STA nya ga bro ?

4. Penerjemah Tersumpah - 22 Maret 2016

Like

5. Saesarez Novandito - 21 April 2016

Salam kenal mas Yori, mau nanya nih… Saya berencana landing di London, kemudian akan ke Amsterdam naik Eurostar, terus pulang ke tanah air dari Paris.

Untuk urus visa schengen, either nanti saya akan urus dari kedutaan Perancis atau Belanda, apakah harus menunjukkan bukti pembelian tiket Eurostarnya?

Atau lebih baik reservasi tiket pesawat, karena bisa di cancel seperti yang mas lakukan?

yorigroup - 21 April 2016

Salam kenal juga @Saesarez Novandito

setahuku sih, London-Amsterdam direct eurostar belum ada, yg ada London-Brussel By EuroStar, lalu dari Brussel ke Amsterdam naik kereta lain, bisa Thallys. Coba pakai bantuan situs rome2rio.com atau http://www.eurobytrain.com/

kalau boleh saran, london-amsterdam lebih baik naik pesawat low-cost saja seperti ryan air, easy jet, flybee lebih hemat waktu, tenaga dan biaya tapi kekurangannya tidak bisa bawa banyak bagasi

visa schengen boleh diurus di kedutaan perancis / belanda. pada tahap pengurusan visa sebaiknya pakai reservasi pesawat saja karena bisa dicancel, ini yang menjadi pertimbangan saya dulu. Karena kalau melampirkan tiket eurostar kekurangannya gak bisa dicancel dan direfund bahkan reschedule juga dikenai fee dan selain itu juga itinerary saya juga belum paten( fixxed).

saran saya sebaiknya urus visa di kedutaan perancis. Alasannya relatif sepi dibandingkan kedutaan belanda. Karena ajukan visa schengen dari kedutaan perancis, pastikan kamu melampirkan itenary terpanjang di negara Perancis ya dengan negara kedatangan pertama kali adalah negara perancis

yang terpenting sih visa harus ditangan dulu. Misalkan nanti ada perubahan itinerary tdk akan jadi masalah

semoga berhasil ya

6. andrew - 8 Juni 2016

salam kenal,
aku andrew

mau nanya” nih
1. untuk pembuatan visa Schengen dan UK, dahulukan yg mana ya?
dan jika perjalanan saya spt ini :
Manchester-London-Paris-Brussels-Amsterdam,
jadi pertama kali saya sampai di manchester dan pulang melalui amsterdam,

menurut anda, itinerary nya bagaimana ya ke visa Schengen nya?
apa buat visa UK Dulu ?

yorigroup - 8 Juni 2016

jawabannya bisa disimak di komentar balasan sebelumnya ya. 🙂

7. Andrew Tan - 8 Juni 2016

salam kenal saya andrew
saya mau menanyakan beberapa pertanyaan :
mohon di bantu

1. jika perjalanan saya indonesia-UK-Schengen-indonesia,
visa mana yang harus saya buat duluan ?

2. apa itinerary saya harus mencantumkan Schengen jika saya mengurus Visa UK duluan ?

3. dan sebaliknya apa saya harus mencantumkan UK jika saya mengurus visa Schengen duluan ?

terima kasih

yorigroup - 8 Juni 2016

salam kenal Mas Andrew
1. kasus Anda mirip dengan saya. Saya sarankan dapatkan visa schengennya dulu karena schengen lebih mudah didapat dan durasi mengurusnya singkat. Saat mengurus visa schengen cantumkan saja itinerary “sementara” sebagai kelengkapan persyaratan tanpa perlu mencantumkan UK dalam itinerary.
2. jika urus visa UK duluan, saran saya sama seperti jawaban no.1. Sebaiknya tidak usah cantumkan destinasi wisata area Schengen. Buat saja itinerary “sementara” yang mencakup UK saja. Tujuannya untuk mendapatkan visa saja.
3. Tak usah cantumkan UK ketika mengurus visa schengen. Buat saja itinerary “sementara” yang mencakup area schengen saja.

Itinerary “sementara” ringkasnya
ketika mengurus visa schengen cantumkan saja Indonesia-Amsterdam-Indonesia
ketika mengurus VISA UK, cantumkan saja Indonesia-UK-Indonesia

saat mengurus visa disarankan gunakan bantuan travel agent untuk membuatkan tiket “dummy” , atau reservasi tiket pesawat. karena bisa dicancel setelah visa sudah didapatkan. Kita tidak perlu bayar lunas biaya tiket (issued tiket).

Lalu, itinerary yang “sesungguhnya” kita simpan untuk diri sendiri, tidak perlu ditunjukkan ke konsuler kedutaan saat mengurus visa.

8. Siti - 18 Juni 2016

Salam Kenal,

Saya Siti, mohon bantuannya terkait beberapa kebingungan saya:

1. Untuk saldo tabungan apakah ada minimumnya? dan jika ada apakah ada syarat uang tersebut harus mengendap selama X bulan?

2. Untuk surat referensi bank apakah ada masa berlakunya? misalnya berencana apply di tanggal 20 Juni dan surat referensi bank dibuat di tanggal 31 Mei? (Saya akan menyertakan 6 bulan rekening koran saya)

3. Jika surat referensi kerja dibuat 1 bulan sebelum apply apakah masih dianggap valid?

4. Perjalanan akan JKT-UK-Eropa-UK-JKT. Saya sudah membeli semua tiket pesawat dan booking hotel. Tapi rencana saya adalah apply visa UK terlebih dahulu. membaca komen diatas disarankan untuk tidak menginfokan akan ada perjalanan ke Eropa. Namun jika itu tetap dimasukan apakah aman?

FYI rencana perjalanan saya 2 minggu di UK dan 1 minggu di eropa.

Terima kasih

Admin - 19 Juni 2016

Hi Siti, Salam kenal juga 🙂

1. aturan saldo minimum tabungan sebenarnya tidak ada aturan tertulis resmi dari kedutaan. Tapi, demi keamanan para tour/travel agent yg melayani pengurusan visa menganjurkan minimal 50 juta selama 3 bulan per pax. Mengapa 3 bulan supaya uang 50juta itu terkesan milik Anda. Dan rekening harus nampak aktif dimana ada mutasi Debet dan Kredit. Untuk pengalaman saya kemarin, saldo mengendap di bank saya naikkan jadi 100juta. Tujuannya adalah supaya saya terlihat sbg calon turist yang “bonafide”. Mengapa harus terlihat bonafid alias turis bermodal walaupun kenyataannya nanti pergi ala backpacker juga adalah karena sejarah perjalanan ke luar negeri saya di pasport juga “perawan” alias gak punya stempel dari negara manapun. Lantas , gimana kalau dana tabungan tidak cukup, ya bisa pinjam sementara misal ke ortu mungkin.
Kasus Teman saya malah ada punya saldo di mutasi terakhir cuma 15 juta , tapi tetap dapat visa UK , eits tunggu dulu. Hal itu terjadi karena dia memang sudah keliling Amerika Latin dan Eropa sebelumnya. Walaupun pihak kedutaan menemukan fakta saldo tabungan teman saya sedikit, tapi kedutaan tetap yakin memberi visa karena orang ini turis beneran dibuktikan dengan sejarah stempel /visa yg ada di dalam paspornya.

2. surat referensi bank tidak ada masa berlaku, tetapi sebaiknya tidak terlalu selisih jauh dengan tanggal pengajuan visa amannya selisih 1 bulan. Contoh untuk Surat referensi tertanggal 31Mei masih dianggap dekat untuk tanggal pengajuan visa untuk 20Juni.

3. Idem dengan jawaban no.2. Maximal berjarak 1 bulan.

4. Itinerarynya mirip dengan saya. Kalau status tiketnya sudah issued , dengan rute tiba dan pulang dari UK saran saya saat pengajuan visa UK sertakan itinerary yg mencakup UK saja dulu. Pertimbangannya kalau mencantumkan rencana ke Eropa kedutaan UK akan bertanya dimana visa schengennya. Ingat itinerary sementara saja. Nah, nanti ketika visa UK sudah didapat dan mengajukan visa schengen baru cantumkan itinerary UK+Eropa.

TIps tambahan untuk booking hotel pilih yang “free cancelation dan pay it later (credit card-guaranted booking)”

Semoga membantu dan dapat visanya. 🙂

9. Aditya Haswandana - 25 Juni 2016

halo bro sebelumnya salam kenal. saya berencana ke newcastle juga pada bulan september 2016. apakah kamu masih di newcastle bro?

oia yang mau saya tanyakan, jadi saya ingin mengambil studi kursus bahasa inggris di newcastle college selama 6 bulan. Mulai kursusnya bulan september. apakah masih sempet jika saya baru mulai mengurus visanya di bulan juli sesudah lebaran nanti?

mohon bantuan infonya ya bro, dan jika berkenan gue boleh minta kamu?

Terima kasih

yorigroup - 25 Juni 2016

sayang sekali, saya bukan domisili Newcastle

kalau berangkat september sebaiknya bulan ini (juni 2016) sudah mulai urus visa minimal mengumpulkan dokumen-dokumen persyaratan. Makin cepat visa didapat makin baik. Bulan Juli setelah lebaran juga masih cukup waktunya. Karena tujuannya kursus/studi singkat yang jelas visanya bukan visa turis jadi saya tidak bisa berkomentar.

Check visa yang cocok untuk Anda dan dokumen persyaratannya di sini https://www.gov.uk/check-uk-visa

10. Artha - 20 Juli 2016

Selamat malam mau bertanya. STA nya dari dwidaya tour and travel ya? Memang bisa melakukan booking dulu tanpa bayar tiket sampai visa di issued? Brarti booking nya bs 1 bln lebih ya? Lalu apakah ketika booking itu harga tiket pesawatnya di kunco sesuai tanggal booking? Mohon info ya. Thank you

Admin - 21 Juli 2016

untuk masalah booking tiket saya tidak begitu mengerti seluk beluknya, saya bantu jawab sepengathuan saya. CMIIW

Memang bisa melakukan booking dulu tanpa bayar tiket sampai visa di issued?

Jawab : Bisa. ketika booking di travel agent dalam tulisan ini memang tidak ada pembayaran dengan kata lain tiket statusnya masih confirm belum issued. sebenarnya booking ID (reservasi) sebuah tiket ada masa berlakunya dan jika tidak ada pembayaran masuk sampai booking kadaluarsa maka harus pesan dari awal. Untuk OTA (online travel agent) contoh seperti Traveloka masa berlaku booking dalam hitungan jam, sedangkan di travel agent konvensional seperti DwiDaya punya kelebihan masa berlaku booking dalam hitungan hari. Masa berlaku booking yang panjang inilah menjadi celah untuk dipakai sebagai kelengkapan mengurus visa.

Mari berandai-andai. Anggaplah masa berlaku booking 7hari, selama 7 hari inilah tiket pesawat hasil booking dari travel agent konvensional (yang statusnya confirm, belum dibayar) dilampirkan saat mengurus VISA. Anggap hari-1 booking tiket dilakukan di kantor travel agent , di hari-2 kita datang ke kedutaan/TLScontact/VFS membawa semua dokumen persyaratan visa, anggap di hari ke-3/4 berkas pengajuan visa kita ditelah oleh konsuler kedutaan, maka tiket kita tadi statusnya masih confirm, anggap di hari ke-6 kebetulan VISA sudah di-approved/issued untuk diri kita dan bisa diambil dari kedutaan , andai hari ke-7 kita bayar tiket hasil booking di hari-1 di awal tadi ke travel agent juga bisa.
Inilah asal mula munculnya istilah “bisa melakukan booking dulu tanpa bayar tiket sampai visa di issued”

Lantas, bagaimana seandainya paspor baru bisa diambil 2 minggu kemudian sedangkan masa berlaku booking tiket yang dipakai mengurus visa terlanjur kadaluarsa ? Tentu harus booking ulang.

Sekedar berbagi cerita, Teman-teman saya yang jago travelling malah lebih senang mendapatkan tiketnya dahulu yang mana tiketnya adalah tiket promo dengan harga murah yang sudah dibayar berbulan-bulan sebelumnya (tiket berstatus issued). Kemudian baru berpikir mendapatkan visa negara yang dituju. Salah satu kekurangan jika mendapatkan visa dahulu baru punya tiket adalah peluang untuk tiket dengan harga murah (promo) makin kecil. Visa schengen/visa UK itu paling cepat bisa diajukan H-90 hari sebelum tanggal keberangkatan. Sedangkan di sisi lain jika beli tiket selama 90 hari sebelum keberangkatan biasanya akan dapat harga normal.

Brarti booking nya bs 1 bln lebih ya?

jawab : setahu saya tidak ada tiket yang masa berlaku bookingnya bisa satu bulan atau bahkan lebih.
Coba berpikir dari sisi maskapainya. Satu bulan (30hari) itu waktu yang sangat panjang bagi sebuah maskapai untuk menunggu kepastian seorang calon penumpang. Maskapai sudah capek-capek nunggu eh yang ditunggu ternyata batal beli, waktunya jadi terbuang percuma yang sebenarnya kursi bisa dijual ke orang lain. Bagi maskapai yang terpenting adalah bagaimana caranya membuat semua kursi pesawat terjual habis (issued tiket) secepat mungkin supaya dananya diputar untuk operasional bisnis.

Lalu apakah ketika booking itu harga tiket pesawatnya dikunci sesuai tanggal booking?

Jawab ; benar harga dikunci, jika sampai masa berlaku booking habis (bisa x Jam, bisa x hari,) dan kita belum membayar 1 Rp pun, maka harus ulangi booking dengan harga baru yang bisa persis dengan booking sebelumnya, lebih mahal, lebih murah atau malah kehabisan kursi.

11. in - 4 September 2016

sama bro passport saya masih perawan dan gak pernah keluar negeri sama sekali.sekali berangkat langsung ke EROPA (swiss,perancis,belgia dan belanda)gak sulit bikin visa kok.

Echa - 4 September 2016

setuju dengan Kak In

bikin visa itu mudah kok

yang sulit adalah menabung untuk pergi liburannya…

hehehehehhe

12. Ruby - 6 September 2016

Permisi , klo boleh tau STA nya apa ya namanya? Boleh bagi kontaknya ?

admin - 6 September 2016

datang aja ke kantor dwidaya terdekat, minta tolong untuk dibantu mengurus visa

13. Any Ernawati - 16 September 2016

Hallo mas…boleh tanya…visa uk…transportasi antar negara lhr cdg by british airways bisa tanpa bayar dulu sebelumnya itu gimana caranya…mohon petunjuk…terima kasihan

yorigroup - 18 September 2016

caranya adalah harus ke travel agent offline seperti Dwidaya TOur, bilang saja minta tolong dibuatkan bukti reservasi untuk mengurus visa istilah lainnya adalah dummy booking. Orang Travel agent sudah paham kok.

14. ferryvic - 20 September 2016

Halo Yorigroup.
saya simak nih paduannya. senang sekali ada yang posting lengkap dan siap sedia membalas komen2 yang masuk. mengingat dalam waktu dekat saya juga akan apply visa turis ke UK.
yang mau saya tanyakan:

1. Apakah sworn translator harus ada di link yang Anda berikan? mengingat saat saya mengklik link tersebut “page not found”.

2. Apakah pertimbangan Anda menggunakan jasa Nirwono? Bagaimana saya dapat yakin bahwa mereka betul-betul penerjemah tersumpah (mengingat banyak kasus tipu menipu akhir2 ini).

Terima kasih sebelumnya…

admin - 21 September 2016

1. Apakah sworn translator harus ada di link yang Anda berikan? mengingat saat saya mengklik link tersebut “page not found”.

>> terima kasih atas koreksinya, link sebelumnya not found karena ada pemutakhiran dari embassy. Sekarang ada yg update per Maret 2016 di sini
https://www.gov.uk/government/uploads/system/uploads/attachment_data/file/510559/Annex_G_Local_Services_Lists_-Template_for_translators_interpreters_Updated_March_2016.pdf

Harus gunakan sworn translator yg termasuk di dalam pdf di atas karena sudah diakui oleh Embassy UK, Australia, negara anglo-saxon lainnya. Sworn Translator di dalam daftar pdf memang sudah berpengalaman mengurus dokumen yg dibutuhkan kedutaan.

2. Apakah pertimbangan Anda menggunakan jasa Nirwono? Bagaimana saya dapat yakin bahwa mereka betul-betul penerjemah tersumpah (mengingat banyak kasus tipu menipu akhir2 ini).

>> pertimbangannya
1. Punya kantor fisik dan bisa didatangi langsung, setiap hari pergi-pulang kerja saya selalu lewat kantor penerjemah ini. Hehehehe. Terlebih lagi alamat kantornya sejak 1990an mulai dari saya masih TK hingga dewasa tidak pernah pindah.
2. Waktu datang langsung, saya ditanya dokumennya ditujukan untuk pihak mana ? saya jawab untuk mengurus Visa UK dan mereka menjawab sudah biasa / pengalaman untuk embassy.
3. Teman-teman saya yg lain juga merekomendasikan sworn translator Nirwono. Istilah teman saya yaitu penerjemah Biliton, karena satu-satunya jasa penerjemah yg buka kantor di jalan biliton.
4. Belakangan saya tahu, setelah mendapatkan visa UK dan menulis artikel ini, sworn translator Nirwono memang diakui oleh embassy.

Saran saya, hati-hati terhadap harga murah dan janji-jani manis. Lebih baik datang langsung ke sworn translator yg diakui secara resmi dan yang punya kantor fisik. Kecuali sudah menjadi langganan tetap , selanjutnya dokumennya tinggal kirim kurir atau email.

Semoga membantu

15. anoratranslation - 6 Oktober 2016

Selamat Siang
Perkenalkan kami dari Anora Translation
Biro jasa penerjemah tersumpah dijakarta
kami ingin menginformasikan jika ada yang ingin menerjemahkan dokumen guna untuk Apply Visa UK atau dalam hal apapun, Kami bisa membantu dalam hal tersebut

harga yang kami tawarkan relatif jauh dengan biro-biro penerjemah lainnya yang berada dijakarta
kami tidak akan mengecewakan dan juga akan kami jaga kerahasiaan dokumen serta fast respon 24 jam

harga yang kami bisa tawarkan ialah :
Rp. 50.000 / halaman hasil untuk waktu Standart 2-3 hari
Rp. 70.000 / Halaman hasil untuk waktu Express 1 hari kerja

untuk Jasa Penterjemahan Dokumen dari Bahasa Indonesia ke Inggris ata sebaliknya

Jika memang ada yang berminat dan tertarik dengan penawaran harga yang sudah saya berikan silahkan kontak :

Email : Anora.translation@gmail.com

16. Ani - 9 Oktober 2016

Salam bro
Aku rencananya mau ke paris, cuman paris ajha lho g kemana mana lagi, maunya bareng orang tua
Tapi masalahnya aku sekarang ini tinggalnya di singapur ortu di Indonesia, ada gak sich agent yg bisa bantu urusin mulai dari visa, pesawat,sama hotelnya?
Yg jelas agent yg benar benar bisa di percaya dan yg sudah terbukti hasilnya kerja
Makasi sebelumnya ya bro

yorigroup - 12 Oktober 2016

Hi Ani, untuk orang tua sebaiknya dibantu travel agent aja. Salah satu Yang terpercaya kamu bisa ke Dwidaya Tour seperti pengalaman saya. Nanti tinggal sebutkan tanggal keberangkatan dan pulang, setor dokumen persyaratan, bayar, ambil data biometrik di TLScontact sesuai tanggal appointment dan beres deh.

17. Greta Winoto - 10 Oktober 2016

Selamat Siang Admin,

Itu contoh visa yg mas kasih C visa dan multiple entry ya mas?
itu maksud nya gimana ya? klo saya dpt itu saya boleh masuk schengen beberapa kali gt ya asal masi dalam kurun waktu validity visa?

Soalnya saya pernah daftar juga bulan Juni lalu dapat sama seperti contoh di atas, dan saya berencana untuk pergi lagi bulan Desember ini. Tp saya tidak tahu harus buat visa baru lagi atau yg itu bisa di pakai lagi yah?

Terimakasih dan di tunggu jawabannya.

yorigroup - 12 Oktober 2016

betul, Visa Jenis C dan Multiple Entry

itu jenis C saya kurang tahu artinya apa. Tapi jika tidak salah ingat itu adalah visa kunjungan sementara untuk turis.

Multiple Entry artinya kita bebas mengunjungi Eropa berkali-kali selama visa masih berlaku

Dalam artikel foto visa berlaku 22 Sept 2015 – 19 Maret 2016
maka selama rentang waktu tersebut kita bisa bolak-balik keluar masuk ke Eropa dengan durasi sekali masuk adalah 90hari.

Contoh kasus :
tanggal 25 Sept 2015 masuk ke Eropa setelah terbang dari Indonesia, tanggal 20Des2015 keluar dari Eropa menuju Inggris. Lalu tanggal 1Januari2016 masuk ke Eropa lagi, tanggal 10Januari2016 keluar dari Eropa menuju Saudi misalnya untuk umroh, lalu 1Februari 2016 terbang lagi ke eropa dari Indonesia dst. Keluar masuk berkali-kali seperti contoh kasus itu diperbolehkan tanpa mengurus visa dari nol.

Kebalikan dari Multiple Entry adalah Single entry yang artinya adalah selama masa berlaku visa, kamu hanya diijinkan masuk ke kawasan Schengen/Eropa 1x saja. Jika kamu keluar dari Schengen Area. Dan ingin masuk lagi kamu harus apply visa baru.

Soalnya saya pernah daftar juga bulan Juni lalu dapat sama seperti contoh di atas, dan saya berencana untuk pergi lagi bulan Desember ini. Tp saya tidak tahu harus buat visa baru lagi atau yg itu bisa di pakai lagi yah?

visa yang sudah ada bisa dipakai lagi.
siap-siap ditanyai oleh petugas imigrasi di bandara pastikan itinerary dan tiket pesawatmu harus menunjukkan tanggal pulang ke Indonesia sebelum tanggal terakhir dari masa berlaku visa.

18. lency - 10 Oktober 2016

mau nanya tiket saya jkt-london PP, dan akan ke tempat yang lain, apakah jika saya mengurus visa schengen di kedutaan belanda, apakah misalnya dari inggris harus ke belanda dulu atau bisa dari inngris langsung ke prancis.tq

19. lency - 10 Oktober 2016

mau tanya tiket saya jkt-london pp, dan akan ke belanda dan prancis.
Jika saya mengurus visa schengen di kedutaan belanda apakah saya dari london harus ke belanda dulu atau boleh ke negara lain(prancis misalnya)
terimakasih

yorigroup - 12 Oktober 2016

jika mengajukan visa schengen dari kedutaan Belanda, yang terpenting dalam itinerary harus menunjukkan durasi stay terlama adalah di negara belanda. Jika ingin ke perancis lebih dulu diperbolehkan, tapi bersiaplah ditanyai oleh petugas imigrasi Perancis mengapa ke perancis sedangkan visa schengen diterbitkan oleh kedutaan Belanda. Bisa pakai jawaban “ya durasi stay saya lebih lama di belanda, dan setelah ini lanjut perjalanan ke Belanda. Di perancis hanya sebentar.”

Tapi, jika boleh sarankan sebaiknya ke Belanda dulu karena mengajukan visa schengen ke Kedutaan Belanda

lency - 27 Oktober 2016

O iya untuk mengajukan visa multiple entry lebih susah atau tidak ?karena tiket saya JKt – london pp.

yorigroup - 27 Oktober 2016

visa multiple entry mudah sekali untuk didapatkan

kasus saya di atas adalah memang mengajukan visa multiple entry

dan bulan lalu teman saya mengajukan visa multiple entry ke UK juga mudah. Kekurangan visa UK menurut saya cuma 2 yaitu pertama harganya lebih mahal dibanding visa schengen apalagi waktu itu kurs Poundsterling sedang mahal. Kedua butuh 3 minggu kalender baru visa keluar (pengajuan normal) bisa lebih cepat 4 hari kerja dengan bayar lebih diluar harga visanya sendiri minta priority visa yg mempercepat antrian.

20. Devierra - 18 Oktober 2016

Selamat pagi Mas..
yang mau saya tanyakan yaitu, apakah saya bisa apply visa schengen Perancis namun tujuan utama saya sebenarnya ke Italy? Karena dari sekian artikel yang saya baca, pengurusan visa ke Italy adalah yang tersulit. Dan kemungkinan saya akan hanya menetap di Italy selama 6 hari (tidak berpindah pindah).

Btw.. Ini artikel terjelas sejauh yang saya baca. Dan saya suka pada tahap “cancel dan cancel” haha.. patut ditiru!!

yorigroup - 19 Oktober 2016

Terima kasih atas apreasiasinya dan telah memberikan komentar di sini. Senang bisa membantu lewat artikel.

di atas kertas alias teorinya sebenarnya mau apply dari mana saja visa schengen itu boleh
termasuk jika tujuan sebenarnya adalah Italy dan Kedutaan Paris cuma “numpang” aja untuk mendapatkan visa schengen.

tapi ada 2 halangan.

Halangan 1.
Kamu harus bisa meyakinkan konsuler kedutaan perancis bahwa kamu akan stay paling lama di Perancis dan Perancis adalah negara pertama yang dimasuki. Itu bisa diakali dengan itinerary sementara atau itinerary “dummy” yang mencantumkan 4hari perancis + 2 hari Italy, booking hotel di Perancis, tiket penerbangan , dll

Halangan 2.

Anggaplah kamu sudah lolos dari halangan 1 di atas dan mendapatkan stiker visa schengen dari Kedutaan Perancis. Berikutnya kamu harus bisa meyakinkan petugas imigrasi di bandara. Kamu harus pintar-pintar “bohong” dikit. Siapkan jawaban jika ditanya apa agendamu , kemana saja itinerary mu, dll, dst.

Skenario dari saya,
Andai visa schengen perancis sudah didapatkan. Kamu terbang dari Indonesia-Roma,Italy PP. Petugas Imigrasi di bandara akan bertanya “ke mana saja tujuanmu di Italy dan berapa hari”. “Kamu punya visa schengen dari perancis, tapi kenapa masuk dari italy pertama kali”
supaya dianggap meyakinkan, jawab saja ke petugas imigrasi. Saya cuma 2 hari di italy . ini itenerary saya ke tempat X, tempat Y, tempat Z dan ini saya booking hotel ABC selama 2 malam. Selanjutnya 4 hari saya stay di perancis, blablabl. Saya pilih Indonesia-Italy PP karena tiketnya lebih terjangkau, dst”

Kamu tidak usah mengaku agenda sesungguhnya jika ditanyai oleh petugas imigrasi bandara. Kuncinya adalah melewati pengecekan pos imigrasi, setelah itu kamu bebas ngapain aja, dan kemana aja.

shinchanchan - 23 Oktober 2016

ngejawabnya sabar sekali smpe mendetail satu persatu smpai dikasih contoh segala..

21. Deasy - 31 Oktober 2016

Ilmu yang bermanfaat nih☺️ Keren dan sabar banget Ngejawabnya, pahalanya banyak bro!
Matur nuwun sebelumnya

Saya boleh nanya juga dong hehe. Alhamdulillah saya baru aja dapet visa schengen hari ini melalui negara Belanda untuk sekeluarga, semuanya diurus sendiri dengan cucuran salah2 ketik, was2 dan doa☺️

Nah sekarang saya mau apply visa UK yg sebetulnya tujuan utama, hanya saja krn kuatir ga dapet jadi saya beli tiket ke belanda dan pulang dari paris.

Nah krn tiket saya ga ada unsur Inggrisnya sama sekali, plannya saya mau pergi dr brussel ke London pake eurotrail, bisa ga kalau saya abaikan aja tiketnya ga usah dibeli? Maksudnya kalau sudah dapet visanya br saya beli. Mohon pencerahan☺️

yorigroup - 1 November 2016

halo Deasy
senang rasanya dengar Visa schengen dari Belanda sudah didapat

tenang saja kamu tetap bisa kok ke UK dari Brussel naik eurorail atau Eurostar. Pengalaman yg enak banget naik kereta cepat eurostar. harus dicoba.
saran saya belilah tiket kereta atau tiket transportasi lainnya selama di area UK setelah visa UK diterima supaya lebih tenang, tidak khawatir hangus karena terlanjur beli tapi visa UK ditolak walaupun kemungkinannya kecil jika sudah dapat visa schengen.

Nah sekarang kembali ke misi mendapatkan visa UK.
caranya adalah buatlah itinerary dummy dengan booking tiket pesawat lewat travel agent offline seperti artikel di atas. Tenang, booking tiket pesawat lewat travel agent offline tidak perlu bayar penuh / issued tiket. Bilang aja sama salesnya untuk mengurus visa dan mereka sudah paham.

karena sudah dapat visa schengen belanda, maka itinerary dummy untuk mengurus visa UK bisa kamu atur. Contoh kasus begini

booking tiket PP Indonesia-London (dummy booking pakai bantuan travel agent offline)
buatlah itinerary dummy/sementara misal 7 hari area London
booking tiket pesawat KLM London-Amsterdam (dummy booking pakai bantuan travel agent offline)
buat itinerary dummy/sementara misal 4 hari area Amsterdam

rasanya itu yang penting persyaratan sisanya kamu lengkapi sesuai info dari VFS.co.uk

Deasy - 1 November 2016

Duh makasih banyak pencerahannya, doakan berhasil ya, salutation for you bro! Semua informasinya bermanfaat, didoakan semoga selalu sehat dan murah rejeki ya☺️

You have no idea how much your sharing story means lots for the readers, matur nuwun yo!

yorigroup - 4 November 2016

Amin. Sami-sami mbak Deasy, mugi-mugi sukses gadhah visa inggih.

Nanti ditulis juga pengalamannya di blog supaya orang lain dapat referensi lebih banyak dan baru.

It’s my pleasure to help everyone asking here.

22. Maya - 4 November 2016

Selamat Sore Mas,
Saya Maya, sy berencana mengajukan visa UK dan schengen, trus utk travel insurance nya masing2 atau satu aj ya? mksudnya asuransinya dipakai utk urus visa schengen dulu kemudian dipakai lg buat urus visa UK bisa gk ya?
terima kasih.

yorigroup - 4 November 2016

Hi Maya

jawabannya bisa
kemarin saya langsung issued travel insurance (assist card) untuk UK dan schengen dengan 1 polis saja.

pertama travel insurancenya saya lampirkan di persyaratan visa schengen perancis. kemudian dg polis yang sama saya gunakan untuk mengurus visa UK.

di polis asuransinya tertulis tanggal coverage dari tgl pertama saya terbang dari indonesia sampai kembali lagi ke indonesia.

Sebenarnya sih, visa UK saat itu (Nov 2015) tidak mewajibkan travel insurance. Tapi STA merekomendasikan beli travel insurance untuk seluruh itinerary (whole journey). Alasan supaya dipandang calon turis bonafid/ penuh persiapan, alasan kedua (kayaknya) biar kantor travel agentnya dapat komisi dari polis asuransi yg laku. hahahahha

23. Ramlan - 5 November 2016

mau nanya mas kalo kita erangkat 1 keluarga (6 org karena ada 4 anak ) ke UK saat janji jumpa dengan agen VFS di jakarta apa semua yang akan ke UK harus datang saat appoinment dengan VFS atau dapat diwakilkan ortunya aja??krn saya dari daerah ongkos tiket PP lumayan mahal??tks atas infonya.

yorigroup - 17 November 2016

semua yg mengajukan visa wajib datang ke VFS jakarta termasuk anak-anak. Anak-anak tidak dapat diwakilkan karena nanti petugas akan ambil foto, biometrik (sidik jari,retina mata,dll)

24. agelina - 19 November 2016

Dear mas/ mbak
Perkenalkan nama saya magelina. Saya membaca blog anda dan saya ingin menanyakan mengenai tour and travel mana yg di jakarta yg bisa membantu membuat dummy tiket. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

yorigroup - 19 November 2016

Hi Magelina, maaf telat membaca dan membalas email pertanyaan darimu

kamu bisa meminta bantuan ke travel agent ternama seperti Dwidaya. Bayubuana, dll. Katakan kepada petugas bahwa ingin membuat bukti reservasi untuk mengurus visa dan mereka sudah paham.

Jika Kamu membaca diskusi yang terjadi di kolom komentar lebih mendalam sebenarnya saya sudah menuliskannnya.

Semoga berhasil mendapatkan visa.

25. juliet - 22 November 2016

haloo Mba… mau nanya info2 niij… kalu visa schengen paling cepat berapa hari ya? dan apakah bisa kalu di apply di UK..hanya untuk ke Paris saja… Thankyou mba…

yorigroup - 22 November 2016

visa schengen paling cepat 2 hari kerja. Ini berlaku di kedutaan Perancis yang berada di Jakarta.
contoh foto biometrik hari senin maka hari rabu sudah bisa diambil.

saya tidak memahami kalimat kedua Mbak Juliet. Saya asumsikan pertanyaan “apakah bisa apply di UK ?” adalah apply saat di negara UK. Tentu saja jawabannya bisa, silahkan kunjungi kedutaan besar Perancis atau konsulat jendral Perancis yang berada di negara UK.

juliet - 22 November 2016

kalau saya sedang berada di UK apakah bisa apply Visa schengen? hihi…bingung ya mas..

yorigroup - 22 November 2016

jika berada di UK tentu saja bisa apply visa schengen. Ajukan visa schengen kepada Kedutaan Negara anggota schengen yang ingin dituju. Dalam hal ini karena kamu memiliki tujuan mengunjungi Paris. Maka kamu harus ajukan visa schengen dari Kedutaan Perancis yang berada di London, UK.

26. christin - 20 Desember 2016

Halo… Untuk yg malas mengurus semua nya sendiri, malas bersusah-susah urus visa.. saya bisa bantu .. silahkan hubungi saya di no. 087875838123…

Deasy - 24 Desember 2016

Hallo mas Yogi, telat update nih, Alhamdulillah saya dpt visa UKnya, kira2 20 hari total nunggunya. Waktu itu saya menyertakan tiket kereta eurostar pake modal yakin😬 Soalnya udah agak mepet waktunya dan ga enak ati mau pesen dummy ticket ke travel agent, dan mengikuti nasehat mas Yogi kalau udah dpt scengen gampang dpt UK Alhamdulillah lancar, sekarang saya udah nangring di london hr pertama, makasih banyak pencerahannya mas, terus berbagi ya, barakallah!

yorigroup - 24 Desember 2016

wah… senang dengarnya… Enjoy London….

27. anoratranslation - 24 Desember 2016

jika ada yang membutuhkan jasa penerjemahan tersumpah untuk keperluan visa atau dokumen-dokumen lainnya dari bahasa indonesia ke Bahasa Asing atau Sebaliknya
bisa kontak ke email : Anora.translation@gmail.com
dijamin tidak mengecewakan harga dan waktu pengerjaannya
akan kami berikan penawaran harga yang sangat menarik

28. lency - 4 Februari 2017

mas mau tanya untuk pengurusan visa schengen apakah perlu melampirkan tiket pesawat (barcelona – milan)
terimakasih

29. lency - 4 Februari 2017

mas mau tanya untuk pengurusan visa schengen apakah perlu melampirkan tiket pesawat antar negara eropa (barcelona – milan)
terimakasih

yorigroup - 7 Februari 2017

betul,tiket antar kota dan tiket transportasi antar negara dalam area Schengen harus dilampirkan.

30. Jen - 18 Maret 2017

Hello Mas. Saya sedang dalam pengurusan visa UK (untuk keperluan business) – melalui VFS cabang surabaya. Application saya di terima tgl 07 March dan dapat notification juga lewat sms kalau langsung di proses. Namun sampai hari ini blum ada update lagi soal visa application nya, sedangkan tanggal 31 Maret saya ada penerbangan international dan butuh passport saya kembali. Apakah ada tips / bisa menghubungi kemana untuk meng update status visa? Mohon infonya. Terima kasih.

yorigroup - 19 Maret 2017

untuk status visa hanya bisa menunggu, tapi tenang saja kedutaan UK tidak akan mengulur-ngulur proses visa. Perkiraan saya, visa Anda akan selesai minggu depan di atas tanggal 20Maret2017 alias 2 minggu pasca foto biometrik Anda akan dapat notifikasi terbaru tentang status visa UK.

Pengalaman saya Oktober 2015 yang lalu, 15 hari setelah foto biometrik paspor sudah kembali ke tangan. Oleh karena itu, Untuk kasus Mbak Jen sebelum tanggal 31 Maret , paspor akan bisa dipakai untuk pergi ke luar negeri.

jika sampai akhir pekan depan tidak ada pemberitahuan telpon saja pihak VFS surabaya untuk bantu cek status visa. Untuk kedepannya , saya sarankan untuk menggunakan fasilitas passback paspor jika tidak ingin tambah deg-degan atau ada keperluan pergi ke luar negeri

Jen - 22 Maret 2017

terima kasih untuk balasanya Mas. Per hari ini saya belum ada kabar soal pengiriman kembali passport nya. Saya coba cari nomor telp VFS Surabaya tapi juga tidak terdaftar di telkom. Untuk passport itu apakah mas ambil sendiri di kedutaan / VFS atau di kirim ke alamat rumah / kantor?

terima kasih.

yorigroup - 22 Maret 2017

saya sarankan langsung datang ke kantor VFS surabaya untuk tanya kepastian visanya kalau 7 Maret foto biometrik seharusnya tanggal 21Maret kemarin sudah dapat pemberi tahuan bahwa visa sudah bisa diambil. Tahun 2015 yang lalu, saya minta tolong teman untuk ambilkan di VFS jakarta

31. Jen - 22 Maret 2017

OK Mas coba saya ke VFS Surabaya juga. untuk perwakilan pengambilan di VFS Jakarta – apakah perlu dokumen lain selain surat kuasa?

yorigroup - 22 Maret 2017

waktu itu membawa surat kuasa, fotokopi identias yg mengajukan visa

Jen - 23 Maret 2017

OK terima kasih infonya

32. dewi - 23 Maret 2017

halo bro saya mau tanya sedikit,setelah membaca semua cerita dan komentar,tp sy belum menemukan jawaban dari pertanyaan saya,berikut ini :
saya ada planning melakukan perjalanan ke prancis 18 juni 2017 dan sekarang dalam tahap prepare semua dokumen2 yg diperlukan untuk pengajuan visa schengen, permasalahannya flight saya dr surabaya ke singapore,lalu transit 2 jam di heathrow UK,begitu pula pulangnya mesti transit heathrow dulu baru singapore lalu surabaya, pertanyaan saya apakah saya perlu mengajukan visa UK sekalipun sy hanya transit 2 jam di heathrow?
thankyou

yorigroup - 24 Maret 2017

Kalau boleh menebak sepertinya naik British Airways (BA).

Jadi Tetap perlu visa transit

ada 2 jenis visa transit UK. Silahkan dipelajari di sini https://www.gov.uk/transit-visa/overview

Dewi - 24 Maret 2017

Yes bro BA 🤣karna perginya pas high season,jd kmrn searching2 plg murah ya BA,meskipun mesti ribet ke sing dl 😂 tetep perly apply visa transit yah 😂yayaya mau murah mmg hrs ribet. Ok deh bro thanks banget infonya.

yorigroup - 24 Maret 2017

semoga berhasil mendapatkan visa transit UK :). Saya tunggu untuk berbagi pengalamannya di bagian komentar ini.

33. Jen - 23 Maret 2017

Terima kasih Mas atas bantuan infonya. Passport akhirnya sampai hari ini. Sekali lagi terima kasih :). Untuk yang lain yang masih atau akan mengurus UK visa, good luck 🙂

yorigroup - 24 Maret 2017

Senang mendengar akhirnya paspor sudah sampai. Walaupun lebih dari 14 hari tapi masih Sesuai perkiraan 2 minggu setelah foto biometrik.

34. AgTira - 24 Maret 2017

Salam kenal,

Saya baru baca artikelnya tentang visa UK & schengen.
disitu tertulis bank statement selma flow 3 bulan total 150 juta
itu ada min nya kah yang mungkin kira2 30 jutaan? dengan trip selama 2 minggu.

dan rencana saya ke UK Desember tahun ini, kira2 Sept atau sebelum Sept pun bisa saya ajuin visa dulu?
udah beberapa kali kelewatan travel fair krn takut udh beli tiket Visa ga diapproved 😦 *jangan sample sih

aku tunggu sarannya ya

trims,

yorigroup - 24 Maret 2017

halo

untuk batas minimum saldo tabungan sebenarnya tidak ada aturan resmi

saya berbagi cerita memasukkan saldo tabungan Rp. 150 juta supaya terlihat meyakinkan di mata konsuler saja

bahkan ada teman yg cuma punya saldo tabungan 6 juta tetap mendapatkan visa kunjungan turis ke UK.

patokan kasarnya untuk saldo tabungan adalah durasi kunjungan dikalikan 1 juta Rp atau setara 70 EUR atau 70 GBP / day

jika ingin beli tiket promo pastikan baca syarat & ketentuan sebelum bayar tanyakan ke sales apakah bisa refund jika visa ditolak. Ada beberapa maskapai yang memperbolehkan refund walaupun tetap merepotkan dan bertele-tele.

Tiga bulan sebelum hari H sudah boleh mengajukan visa. Perlu diingat visa uk butuh waktu lama sekitar 2-3 minggu untuk layanan reguler pastikan tidak mengurus visa mepet-mepet.

35. Amel - 9 April 2017

Halo mas,

Salam kenal..
Saya baru baca artikel mas nih, membantu sekali informasinya.
Tapi saya mau bertanya sedikit nih mas.
Berhubung inshaAllah bulan september saya mau keliling UK alone traveller juga ceritanya.
Kasus saya sama banget seperti mas, paspor saya cuma ada cap singapore dan malaysia aja 😀
Saya mau tanya mas,
1. Mengenai wawancara yg dilakukan, kira2 seputar apa ya mas?
dan dikomentar sebelumnya wawancara nya menggunakan bahasa indo ya mas ?
hmmm..
btw, mas jago dong ya bahasa inggrisnya ?
2. Mas boleh tau gak, kira2 tahun lalu waktu liburan kesana, cost yang keluar braapa ya, biar saya juga tau kisarannya 😀
3. Biasaya nyari tiket, atau book hotel yang murah disitus apa ya ?
4. Saya masih bingung mengenai saldo yg harus ada di rek nih mas. Misal, 3 bulan sebelum saldo saya 100 jt. Nah itu harus ada debit-kredit kan selama 3 bulan tersebut. Kira2 pada bulan terakhir saldo nya. berapa ya mas di rek? apakah harus 50jt ?

Terima kasih mas,
ditunggu balasnnya 😀

admin - 18 April 2017

Halo Amel, salam kenal juga :). Maaf terlambat membalas komentar darimu.

saya bantu jawab
1. sebenarnya tidak ada wawancara saat di VFS jakarta petugas VFS (semuanya orang lokal Indonesia) hanya basa-basi menanyakan tujuan mendapatkan visa seperti kapan pastinya pergi ke UK, dalam rangka apa anda pergi ke UK, apakah travelling sendirian, dll. Amel tidak usah khawatir akan ditanyai yang aneh-aneh. Dan betul wawancara menggunakan bahasa Indonesia.

2. Untuk total biaya saya sudah tulis di artikel terpisah kamu bisa baca di sini

3. Untuk tiket kamu bisa pakai skyscanner atau kayak.com , cek juga departure dari Kuala Lumpur atau singapura siapa tahu lebih murah dibanding start CGK. Tips dari saya kamu follow semua akun social media travel agent besar Indonesia seperti Dwidaya, Panorama JTB, Bayu Buana, Golden Rama supaya tahu maskapai mana yang sedang promo.

saya tidak menginap di hotel tapi di hostel 1 malam saja di Oxford sisanya menginap di dormitory teman dan wisma siswa merdeka waktu di London. Untuk booking hotel bisa pakai agoda.com atau booking.com tinggal cari hotel mana yang murah/promo dan sesuai dengan anggaran dana.

4. Rekening bank selama 3 bulan terakhir harus ada aktivitas kredit-debit. Silahkan diatur sendiri masuk-keluarnya uang di dalam rekening. Tidak ada ketentuan dari kedutaan yang menyatakan bahwa saat bulan terakhir saldo harus sekian juta. Yang terpenting adalah saldo tabungan harus cukup untuk membiayai perjalanan. Waktu saya mengajukan visa, saya sengaja print buku rekening bank saat saldonya sedang banyak. Hahahah. Niatnya sih supaya terlihat meyakinkan di mata petugas konsuler yang akan memberikan approval visa. Kalau Amel baca di diskusi komentar di atas, saya pernah cerita ada teman yang saldo banknya cuma 6 juta rupiah dan tetap dapat visa UK.

Semoga membantu. Dan kalau sudah dapat visa UK cerita di sini ya. Syukur-syukur kalau dikasih oleh-oleh. Hehehehe.

36. Panduan: Membuat Visa UK (Standard Visitor) – M - 30 Juni 2017

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: