jump to navigation

Tips Safely Remove External Harddisk (HDD) yang Baik 27 Agustus 2011

Posted by yorigroup in Tips dan Trik.
Tags:
trackback

Tips Safely Remove External Harddisk (HDD) yang Baik

## Artikel ini ditujukan bagi semua pengguna Windows 7 dan Vista baik yang sudah memiliki HDD external ataupun belum memiliki (tapi sering copy paste pakai HDD external). ##

Tahukah Anda bahwa saat kita meng-eject atau safely remove HDD external , HDD tidak serta merta berhenti bergetar  walaupun Windows mengatakan sudah aman. Anda mungkin pernah mendengar suara  cetik saat mencabut kabel USB dari port laptop komputer. Mungkin juga Anda masih merasakan getaran HDD walaupun sudah melakukan safely remove. Perlu diketahui Safely Remove hanya memutuskan komunikasi data dan aktivitas baca tulis antara komputer dan HDD external. Windows dalam hal ini adalah Windows 7 dan Vista tidak serta merta melakukan shut down terhadap HDD sehingga HDD masih berputar (spinning) dan head(jarum pembaca HDD) masih berada di tengah. Kita boleh menganggapnya sebagai bug (kesalahan sistem) karena hal ini tidak terjadi di Windows XP.

Pengakuan Support Microsoft 1

Pengakuan Support Team Microsoft

(Right Click New Tab to enlarge)

Lantas Anda mungkin bertanya apakah HDD saya akan rusak jika melakukan hal ini secara terus menerus. Atau mungkin Anda akan berpendapat seperti ini, “Berarti kalau kita mencabut HDD external saat masih bergetar sama dengan menuntun gadget kita menuju kerusakan”. Kita bisa melakukan dua hal, pertama berdoa agar gadget kita tetap awet dan yang kedua adalah dengan melakukannnya dengan trik ini. Tapi sebenarnya kita tidak perlu melakukan trik apapun karena pada HDD external tertentu misal Western Digital (WD) My Passport Essential produksi 2011 telah memiliki fitur automatic spin down, fitur dimana HDD akan berhenti secara otomatis setelah beberapa detik saat tidak terpakai, dari sononya. Nah tapi masalahnya tidak semua HDD external memiliki fitur automatic spin down oleh karena itu kita membutuhkan sebuat trik khusus di Windows 7 dan Vista.

Screenshot Software HDD Tune pada HDD external yang sering dicabut dalam kondisi berputar

Screenshot Software HDD Tune pada HDD external yang sering dicabut dalam kondisi berputar

(Right Clik New Tab to enlarge)

Baik rasanya sudah cukup basa-basinya. Harap baca dengan seksama.

Tahap I

  1. Tolong HDD external anda jangan ditancapkan ke port USB dahulu. Sekarang Buka Control Panel (dari tombol Start Klik Control Panel)
  2. Klik Power Options . Kalau belum muncul coba ganti View By ( di kanan atas) menjadi Large Icon.Kurang jelas lihat gambar

Lokasi Power Option di Control Panel

02. Control Panel

(Right Click New Tab to enlarge)

3.  Sekarang kita akan mengubah setting Power Plan untuk Balance. Jika Anda pengguna PC makan yang akan kita ubah hanya Balance dan jika Anda pengguna laptop maka kita juga akan mengubah Power Plan untuk Power Saver dan High Performance. Lihat gambar untuk lebih jelas

03 Power Option

03 Power Option

(Right Click New Tab to enlarge)

Catatan : Pada laptop merk tertentu seperti Sony Vaio atau Asus, Power Plan untuk Balance terkadang dinamai Vaio Optimized,  Asus Gaming Mode. Intinya kita akan mengubah Power Plan yang sering Anda gunakan.

4.  Sekarang Klik Change Advanced Power Settings. Kemudian Cari tulisan +Harddisk > Turn off Harddisk after> On Battery dan Plugged In. Ubah isinya menjadi 1 minute semua. Terus Klik Apply dan OK. Lihat gambar untuk lebih jelas.

04. Cara Mengganti Advance Power Settings Balance untuk Laptop

04. Cara Mengganti Advance Power Settings Balance untuk Laptop

(Right Click New Tab to enlarge)

04. Cara Mengganti Advance Power Settings Balance untuk PC

04. Cara Mengganti Advance Power Settings Balance untuk PC

(Right Click New Tab to enlarge)

5.  Sekarang kita akan melakukan menyimpan setting yang telah diubah tapi tombol ‘Save Changes’ tidak bisa diklik. Bagi Anda pengguna laptop silahkan turunkan setting brightness layar laptop sedikit saja. Dan jika Anda pengguna PC silahkan ganti nominal Turn Off Display ke angka yang disukai. Lihat gambar untuk lebih jelas.

05 Cara  Save Changes untuk PC

05 Cara  Save Changes untuk PC

(Right Click New Tab to enlarge)

05 Cara Save Changes untuk Laptop

05 Cara Save Changes untuk Laptop

(Right Click New Tab to enlarge)

6.  Khusus bagi Anda pengguna laptop dan sering berpindah-pindah power plan misalnya dari Balanced menjadi Power Saver atau dari Balanced ke High Performance dan sebaliknya. Maka anda perlu melakukan langkah 1 sampai 5 untuk masing-masing Power Plan. Dan jika Anda pengguna laptop merk tertentu seperti Asus, Toshiba, Vaio terkadang mereka memiliki Power Plan dengan nama lain misalnya Gaming Mode. Tidak masalah yang penting Anda ubah setting seperti langkah 1 hingga 5. Lihat gambar untuk lebih jelas.

06 Save Changes untuk Power Plan High Performance

06 Save Changes untuk Power Plan High Performance

(Right Click New Tab to enlarge)

06 Save Changes untuk Power Plan Power Saver

06 Save Changes untuk Power Plan Power Saver

(Right Click New Tab to enlarge)

7.  Sekarang download file registry entry di sini. Oh ya cara downloadnya klik kanan tulisan “Click here to start download from MediaFire” pilih “Save Link As” terus klik “Save”. File ini bertujuan agar menyetop ‘secara paksa’ semua komunikasi data antara USB device dengan komputer. Setelah anda download. Klik kanan filenya kemudian pilih Merge. Kalau UAC (user account control) Anda aktif pilih saja  ‘Yes’. Lihat gambar agar lebih jelas.

Klik Kanan Tulisan warna Biru pilih Save Link As
07 Merge Registry Entry

07 Merge Registry Entry

(Right Click New Tab to enlarge)

8.  Restart Komputer/Laptop anda.

Tahap II

  1. Nah sekarang tancapkan HDD external anda ke port USB. Nah sekarang HDD akan sedikit berisik dan bergetar. Coba putar sebuah file video atau music di dalam HDD untuk merasakan getaran.
  2. Tutup semua file video atau music dan close windows explorer kemudian lakukan Safely Remove untuk HDD external Anda. Caranya seperti biasa dengan mengeklik ikon Safely Remove Hardware di sebelah kiri jam.
  3. Coba pegang/sentuh HDD external . Hitung dalam hati dan rasakan HDD external akan berhenti bergetar/berputar dalam waktu sekitar 45 – 60 detik. Setelah HDD berhenti bergetar barulah HDD boleh dicabut dari port USB dengan aman.

Hold the HDD

Hold the external HDD

4.  Ini bagian yang terpenting. Jadi kesimpulannya Anda sekarang harus mencabut HDD external setelah berhenti bergetar. Tambahan sebelum Shut Down Laptop/ PC selalu biasakan untuk safely remove HDD external terlebih dahulu tunggu 1 menit baru cabut HDD dan shutdown komputer. Jika anda masih beranggapan mencopot HDD setelah shutdown komputer tanpa safely remove sebelumnya adalah aman itu maka itu akan tetap menambah unsafe shutdown count.

Terdengar rumit dan merepotkan. Tapi lebih repot mana daripada HDD external anda suatu saat rusak tanpa sebab yang jelas dan data-data penting anda di dalam harddisk tidak bisa diakses ? . :p.

Selamat Mencoba.

Jika ada pertanyaan silahkan tulis komentar di bawah.

#UPDATE#
Bagi para pembaca yg ingin mendownload software HD Tune Pro 4.60 untuk praktek trik ini. Silahkan download di http://www.mediafire.com/?r6o68p56gv0yms0.
NB : tolong habis install di-patch ya supaya jadi full version.

Iklan

Komentar»

1. dika - 27 Agustus 2011

gan, tahap I tu fungsinya apa ya?? ada hubungannya kah power plan ma safely remove HDD ext??

yorigroup - 28 Agustus 2011

@ DIka : tahap I itu untuk mengganti Power Plan, Tahap II itu uji coba triknya gan….

2. dika - 28 Agustus 2011

nah tujuannya ganti power plan itu apa?? kan power plan cuma untuk menghemat batere ato memaksimalkan kinerja komputer…trus hubungannya ma safely remove tu di bagian apanya gan??

yorigroup - 28 Agustus 2011

@ Dika : bukan mengganti power Plan ,tapi memodifikasi parameter/settingnya. Setting yang diganti cuma shutdown HDD dalam hal ini HDD external saja setelah 1 minute setelah safely remove. Tujuan HDD external di-shutdown supaya tidak bergetar/spinning dan head terparkir di pinggir/di tempat semestinya.
Fitur spin down ini sebenarnya ada di windows XP secara default. tapi di windows 7 dinonaktifkan, kata enggineer Microsoft supaya device dapat terus di-recharge walaupun komunikasi data terputus. Di harddisk tertentu seperti WD passport essential fitur spin down/shut down ini sudah ada by default oleh firmware. Untuk harddisk merk lain belum. (Lebih tepatnya gak punya HDD merk lain :p)

3. wachcaw - 28 Agustus 2011

udah coba gan, setting timenya udah 1 minute trus pas habis ngeromove safely tak tunggu bentar (lebih dari 1 menit) trus tak coba tempelin kuping ke HD eksternalnya, eh ternyata masih ada bunyi2nya gan itu msh spinning ato proses lainnya gan?! kalo utk tingkat getarnya kebetulan HD ane geternya g seberapa banter jadi g seberapa kerasa kalo cuma diraba makanya langsung tempelin kuping aja

yorigroup - 28 Agustus 2011

@ Wachaw : kalau HDD samsung masak sih gak terasa getarannya…coba play file video dari dlm HDD terus close semua window, player, terus safely remove, tunggu sekitar +- 1 menit ..sebenarnya kalau mau triknya berhasil atau tidka dicek lagi via software HD tune…..

4. divinecowmaster - 28 Agustus 2011

wah pas sekali infornya, barusan beli WD Elements. Nice share gan! =))

yorigroup - 28 Agustus 2011

@ Divinecowmaster : selamat mencoba, tapi setahuku kalau hdd WD asalakan diproduksi di tahun 2011 punya fitur auto spin down dari firmwarenya. CMIWW.

5. wachcaw - 28 Agustus 2011

iya g kerasa…ntar deh kalo ketemu tak kasih tau…

download dimana yor itu HD tune??

yorigroup - 28 Agustus 2011

kalau mau download HD Tune Pro di sini aja gan
http://www.mediafire.com/?r6o68p56gv0yms0

NB : tolong Habis install di-patch dulu supaya software nya jadi Full Version

6. johnterro - 28 Agustus 2011

usul masbro … gambarnya kekecilan
masa harus buka new satu2 gambarnya 😀
oh ya itu bukannya interface mac os kalo dari tampilannya 😀
(ngece mode on) ^_…

yorigroup - 28 Agustus 2011

@ John : emang sebaiknya kayak gitu dibuka 1 per satu melalui New Tab. Alasanya biar gak bandwidth killer. Iyo ancene aku niat ngece dengan menampilkan visual style Mac di WIndows 7. hahahahha

7. tyok - 16 September 2011

aku barusan beli WD passport essential. agan bilang klo WD keluaran taun 2011 punya fitur automatic spin down. tapi di punyaku kok tetep muter ya walopun udah di safely remove?? apa software WD smartwarenya harus diinstal??? (OS pake win 7 32 bit ultimate)

8. henry - 30 September 2011

gan, habis saya pake cara ini kok malah ngga ngedetect HDD ya? jadi harus saya kasi directory manual lagi ke contol panel..kenapa ya?

9. Sugito Rolis - 28 Januari 2012

Wah gan ribet banget ya…
mending pake “ZENTimo xSTORAGE manager”
bisa langsung berhenti berputar hdd-nya hanya dngan menekan Windows+S trus enter…
lha kalo di laptop atau PC temen kan susah gan…
masak harus diubah setinganya semua.. repot….

10. IT Consultant - 8 Februari 2012

Pertamanya sih gak percaya,tp ternyata ini berhasill kok,,,thx yori group

11. vika - 28 Mei 2012

kalau sudah tidak bisa kedetect bagaimana???apa itu sudah rusak???

12. hambali - 7 Juni 2012

gan, klo hdd ga ke detect & ga getar, apa itu tandanya udah rusak ??

13. abuyaziid - 4 November 2012

ko hdd ext ga bisa di safe remove gmn y? terbaca sebagai local disk soalnya

14. bambang - 9 November 2012

benar benar info sangat berguna,, saya pengguna win XP dan win 7, saya memang rasakan bahwa di XP setelah beberapa saat safely remove hdd putaran hdd berhenti,, tp di win 7 tidak seperti itu meski hdd sudah lama saya meng “eject” nya,,

15. coco - 23 Desember 2012

bagus….

16. osta 66b - 25 Februari 2013

gan gue baru beli hardisk eksternal ,spectra flash 500 giga. tapi kok pas di eject gx mau safely tapi malah ada peringatannya warning katnya ada program y belum di keluarin pada hal semua program sudah tak tutup semua kenapa ya gan butuh solusi sya pengga win 7

17. Gokong - 5 Maret 2013

Klo terlanjut kita seting disaat HDD ext tercolok….gimana tuh? soalnya lupa nyabut HDD…hehehehehee…

18. Naldi D'Baskerville - 7 Maret 2013

gan mo nanya..ini HDD aku kok sering keluar sendiri ya ? padahal kabel HDD gak goyang ama gak ada yang safely remove USB

19. aya - 23 Maret 2013

Mas kok g bisa merge ya. Bentuk file-nya apa ya? kq di tempatku malah kebaca sama notepad?

20. ahmadamriamiruddin01 - 2 Mei 2014

kegunaan HD tune apa mas? aku punya HD toshiba, dan kemarin habis kena bad sector, biasanya kalo di laptop lain gak kebaca, tpi di laptop ane mau ke baca. terus ana putuskan untuk ane partisi jadi dua partisi. itu gpp ya mas?

21. lase - 18 September 2014

kalo untuk windows 8 gimana gan? trims

Ricky LUcis - 21 Oktober 2014

klo untuk win8 mlah setelah di eject HDD nya langsung berhenti/mati HDD nya, tpi klo untuk win7 walau udah di eject msih ttp muter.

22. Ibnu Gangga - 22 Juli 2015

mantapp..mkasiihhh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: