jump to navigation

Belanja Akhir Tahun 13 Februari 2011

Posted by yorigroup in Liputan Khusus.
trackback

Belanja Akhir Tahun

Tahun 2010 kemarin adalah tahun penuh berkah bagi saya. Pertama , mendapatkan beasiswa Angkasa Pura II yang besarnya Alhamdulillah luar biasa banyak , 6 juta rupiah. Dan enaknya dana 6 juta tersebut turun cash di awal tidak seperti beasiswa PPA atau BBM yang cair tiap 3 bulan sekali. Sempat bingung dengan dana besar di rekening lantas berpikir dalam hati “Kira-kira enaknya dibuat beli apa ya duit 6 juta?”. Setelah merenung lama keputusannya adalah meng-upgrade komputer PC rumah.

Memiliki komputer High End adalah keinginan terpendam saya sejak SMA kelas  XI. Tidak harus mahal-mahal yang penting dapat memainkan game-game PC terbaru dengan lancar jaya (sama aja mahal kaleee). Kalau boleh jujur saya baru saja beli komputer PC kelas low-end baru di Juni 2010. Tapi sayang game seperti Call of Duty, PES 2010 terlalu berat dimainkan. Komponen apa saja yang beli, inilah daftarnya.

    1. VGA Card HIS ATi Radeon HD 5770 ICEQ 1GB GDDR5 seharga  Rp. 1.665.000

box HIS HD5770 IEQ tampak depan
box HIS HD5770 IEQ tampak belakang
bonus VGA HIS dalam box

    1. 2 modul DDR3 PC10600 1 GB merk Elixir seharga Rp. 323.000

package DDR3 Elixir

    1. Power Supply (PSU) AcBel 510 Watt seharga  Rp. 505.000

tampilan box AcBel

Total harga barang Rp. 2.493.000

Merujuk kembali pada niat awal saya meng-upgrade komputer adalah untuk memainkan game-game terbaru dengan lancar. Otomatis yang di-upgrade pertama kali adalah VGA card. Kalau hanyak mengandalkan VGA onboard ATi Radeon HD 4200 jelas bisa meledak nanti chipnya. Alasan utama saya memilih HIS HD 5770 ICEQ adalah mudah dicari di toko komputer termasuk toko langganan saya, Pak Choir. Sebelum memilih ATi Radeon 5770, saya telah melakukan studi literatur (cieee) di berbagai website review maupun majalah komputer Indonesia. Kesimpulannya ATi Radeon 5770 memiliki keunggulan harga terjangkau dan performa unggul dengan harga di bawah 2 juta.

Game-game masa kini sangat haus memory RAM, lebih-lebih jika dimainkan pada Windows 7. Windows 7 sendiri membutuhkan memory 2 GB untuk berjalan dengan lancar sehingga diperlukan 2 GB memory RAM cadangan untuk memainkan game-game berat yang berasal dari golongan FPS. Memory pilihan saya adalah memory kelas value, mau tahu kenapa?. Lagi-lagi kantong mahasiswa terbatas dan di toko langganan yang tersedia adalah merk Elixir.

Tahukan berapa watt listrik yang dikonsumsi oleh PC dalam keadaan siaga? Jawabannya sekitar 300 Watt sudah termasuk monitor. Dan akan naik secara fluktuatif mengikuti beban prosesor dan aktifitas komputasi yang dilakukan. HIS ATi Radeon HD 5770 menyedot daya listrik 75 Watt pada kondisi puncak itu artinya diperlukan pasokan daya listrik tambahan. VGA Card PCIexpress membutuhkan daya pure dari PSU berbeda dengan VGA onboard yang bisa berjalan hanya dengan mengandalkan pasokan listrik motherboad. Jika daya yang diterima VGA kurang berakibat FPS rendah atau bahasa awamnya nge-lag meskipun VGAnya sendiri sudah canggih. Dan sangat tidak disarankan menggunakan PSU bawaan chasing karena suplai dayanya tidak pure berakibat umur VGA yang pendek. Ibarat orang angkat barbel, satu dua kali angkat , ketiga keempat pasti udah keseleo ototnya.

Inilah spesifikasi terbaru PC setelah di-upgrade :

CPU                         : AMD Athlon II X4

Motherboard     : Biostar TA785 G3 HD Socket AM3

Memory             : DDR3 PC10600 Elixir 4 x 1 GB

DVD-RW             : LG 24 x SATA

Harddisk Drive   : Seagate 500 GB SATA

VGA                   : HIS ATi Radeon HD 5770 ICEQ 1 GB GDDR5

PSU                   : AcBel 510 watt

Chasis              : Advance 450W 803

Monitor             : LCD  Samsung E1920 19 inch

Dengan harga total Rp. 7.100.000

Penampakan saat main Call of Duty : Black Ops resolusi maximal

Call of Duty Black Ops Misi terakhir

Komentar»

1. febryan77 - 14 Maret 2011

hai..salam kenal mas..slamat ya, sudah dapat beasiswa. O ya, cara mas mendapatkan beasiswa dari angkasa pura gimana? bisa dikasi infonya tidak? thanks a lot;)

yorigroup - 14 Maret 2011

semua tergantung dari universitasnya Mas Febryan, setahu saya hanya kampus PTN yang memiliki kerja sama dengan PT. Angkasa Pura (seperti pada kampus saya, kampus ITS Surabaya)
dan kalau Anda adalah mahasiswa ITS juga rajin2 tanya ke pihak kemahasiswaaan Fakultas untuk info beasiswa.
Jujur aja Beasiswa Angkasa Pura ini adalah close recruitment tidak ada pengumuman secara blak2an tapi semua orang boleh daftar

2. febryan77 - 12 April 2011

o begitu…saya rencana mau lanjut S2. Dan rencana di Universitas Mataram, Lombok.Semoga saja ada kelapangan jalan yang diberikan Allah untuk mewujudkan cita-cita itu..Thanks buat infonya mas..

3. Ratna - 13 Juni 2011

Saya mhs ITS smstr 2. Mau tny” jg ttg bea angkasapura. Mksdnya close recruitment it gmana? N knp bgtu? Pndaftarannya biasanya bln apa? N apa ada syarat khusus? Makasi sblumnya. 🙂

yorigroup - 19 Juni 2011

@ Ratna : sering main ke FMIPA Lantai 3 Rektorat utk info lebih lanjut. Pendaftaran biasanya bulan September. Dan utk tahun 2011 ini sudah ditutup (kelihatannya). Syarat beasiswa Angkasa Pura sama seperti beasiswa PPA dan tidak ada prosedur wawancara. Murni seleksi berkas lamaran.

4. ALI ALAYDRUSl - 17 Juni 2011

salam kenal…aq mhassswa Unibraw,,btw kok bisa cair 6 juta?kok UB baru cairny 3 juta,,,,pencairnnya pada bulan januari,,,itu pun di panel ma bulan juni thun kmrn,,,,kira2 kapan lagi y cairnyaa,,????lgi buth ne,,hehehe

yorigroup - 19 Juni 2011

@ Ali Alaydrusi : saya menduga itu kebijakan dari tim pengelola beasiswa. Karena uang dari Angkasa Pura sebenarnya sudah diserahkan sepenuhnya ke PTN yang bersangkutan.

5. sofyan - 2 April 2012

Sore bos,, bos ane kompi dengan spek sbb:
biostar TA 785
AMD Athlon X2 240
Memory 1 giga DDR2
VGA onboard
HARDDISK 160 GB
kira2 klo buat main game berat2 vganya,,, vga apa yang cocok dengan spek kompi ane tersebut…. mohon bantuannya bos…..

yorigroup - 2 April 2012

@Sofyan
ya kurang gan kalau buat main game jaman sekarang

kalau mau upgrade komputer tolong cantumkan dana/budget yg tersedia

kalau saya kasih saran (berhubung agan gak kasih batas dana) ya jelas pilih ATi HD5770

lah

😀

6. riiiios - 12 Juli 2012

san,ntar ntu dapet lagi tah bwt tahun 2012?

yorigroup - 15 Juli 2012

ya beasiswa Angkasa Pura II masih ada untuk tahun 2012, tapi bagi mereka yg telah lulus tahun ini tidak dapat… CMIIW


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: